Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ancaman Omicron Sudah Masuk RI, Satgas: Kepatuhan Prokes Justru Sedang Turun

Ancaman Omicron Sudah Masuk RI, Satgas: Kepatuhan Prokes Justru Sedang Turun Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B Harmadi, mengungkapkan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan kian menurun belakangan ini. Di sisi lain, varian Omicron dikonfirmasi telah ditemukan di Indonesia.

"[Kepatuhan prokes] sudah mulai turun. Kami memang sedikit khawatir terjadi penurunan kepatuhan protokol kesehatan, sedang kami upayakan untuk naik lagi," ujar Sonny dalam dialog virtual, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Omicron Masuk RI, Menkes: Tak Usah Panik, Tetap Jaga Kewaspadaan!

Menurut Sonny, tingkat kepatuhan masyarakat mulai menurun sejak memasuki bulan November. Padahal, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap prokes terbilang bagus pada saat gelombang kedua Covid-19 pada Juli lalu.

"Kita sudah baik sejak Juni ketika kasus mulai meningkat. Agustus-September tingkat kepatuhan prokes baik, tetapi memasuki November mulai turun hingga Desember ini," ungkapnya.

Turunnya tingkat kepatuhan prokes ini menimbulkan kekhawatiran, terlebih dengan risiko ancaman varian Omicron virus Covid-19 yang telah ditemukan di RI. Sonny menyatakan saat ini pemerintah tengah berupaya meningkatkan kembali kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"Kami mendorong kepatuhan protokol kesehatan masyarakat, tak boleh lengah," tandasnya.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan