Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siapa Percaya Google yang Sebut Anies Gubernur Terbodoh Sedunia? Politisi Partai Ummat Bilang...

Siapa Percaya Google yang Sebut Anies Gubernur Terbodoh Sedunia? Politisi Partai Ummat Bilang... Kredit Foto: Twitter/Mustofa Nahrawardaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Politisi Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya masih bertanya-tanya soal hasil pencarian di google yang menampilkan nama dan gambar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika para pengguna mengetik kata kunci “gubernur terbodoh” Mustofa Nahrawardaya menantang penguna twitter yang masih percaya dengan hal untuk beradu argumen.

“Siapa yang percaya google, yang menyatakan ‘Anies Gubernur Terbodoh Sedunia’?” Jika masih ada, coba ke sini. Yang followernya minimal 10 ribu. Yang di bawah 10 ribu, akan saya kakusin,” kata Mustofa Nahrawardaya di akun twitternya Sabtu (25/12/2021). 

Baca Juga: Kerap Serang Anies, PSI Dinyinyirin Komisaris Ancol: Ngasih Makan dengan Nasi Boks, Orang Keracunan

Sebagaimana diketahui, nama dan gambar Anies Baswedan sempat muncul ketika pengguna googel memasukan kata kunci  “Gubernur Terbodoh” di mesin pencarian. 

Hingga kini nama Anies Baswedan masih muncul. Namun, berita dan gambarnya lebih terkait ke penjelasan mengapa Gubernur DKI Jakarta itu muncul ketika orang mengetikkan “Gubernur Terbodoh”. 

Hasil pencarian “Gubernur Terbodoh” akan mengarah ke Line Today, Seword, Telset, dan Quora. Begitu juga jika “Gubernur Terbodoh” diketik pada pencarian Google Images, maka yang muncul adalah foto Anies Baswedan. 

Namun, perlu dicatat, google tidak menobatkan Anies Baswedan sebagai “Gubernur Terbodoh”, sebagaimana narasi yang sempat muncul. Nama Anies muncul ketika “Gubernur Terbodoh” karena algoritma Google yang menampilkan hasil dengan keterikatan kuat atas kata kunci yang diketikkan. 

Sebagaimana pernah dikatakan CEO Google, Sundar Pichai bahwa Google menjelajah miliaran laman setiap pengguna mengetikkan kata kunci. Google lalu mencocokkan laman tersebut dan memberikan peringkat berdasarkan lebih dari 200 indikasi. Sebagai informasi, indikasi ini berupa relevansi, popularitas, paling baru, dan cara orang lain menggunakannya. 

Begitulah cara mesin pencari Google menghadirkan hasil penelusuran terbaik untuk menjawab kata kunci yang diketikkan pengguna. Jadi, Anies muncul sebagai “Gubernur Terbodoh” karena ada artikel-artikel di dunia maya yang menyandingkan namanya dengan kata kunci tersebut.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Populis.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan