Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cerminan Ekonomi Digital 2022, Kominfo Upayakan Kolaborasi Starup dan UMKM

Cerminan Ekonomi Digital 2022, Kominfo Upayakan Kolaborasi Starup dan UMKM Kredit Foto: Antara/Novrian Arbi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang tahun 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan akan berupaya untuk mempercepat pengembangan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi saat konfrensi pers, Kamis (30/12).

Ia juga  menyatakan Kominfo akan melakukan kolaborasi untuk optimalisasi ekosistem ekonomi digital. Upaya ini dilakukan melalui Program Startup Digital dan Digitalisasi UMKM.

Baca Juga: Fokus Tata Kelola Pemerintahan Digital, 2022 Kominfo Targetkan Pengembangan Smart City

“Untuk memfasilitasi para startup digital, Kementerian Kominfo memiliki program komprehensif dimulai dari level pengenalan terhadap startup hingga business matchmaking,” ujarnya.

Juru Bicara Kementerian Kominfo menjelaskan level pengenalan bisnis hingga business matchmaking mencakup beberapa program, yang pertama Sekolah Beta yang memberikan literasi dasar mengenai startup, kedua Gerakan 1000 Startup Digital yang memfasilitasi inkubasi, dan ketiga Startup studio ID yang memfasilitasi product-market-fit.

“Selanjutnya keempat Hub.id yang memfasilitasi business matchmaking dan juga memfasilitasi peluang investasi, serta yang kelima Indonesia Game Developer Exchanges atau IGDX yang memberikan mentorship kepada para pengembang game lokal,” jelasnya.

Melalui Program Digitalisasi UMKM, Kementerian Kominfo menyiapkan pelaku UMKM dapat menjalani aktivasi active selling, pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dan UMKM dengan fokus di 10 kawasan wisata prioritas.

“Peserta program telah mendapatkan pelatihan dan starter kit paket data, aplikasi aggregator, aplikasi Point-of-Sales (PoS) serta Learning Management System (LMS)," tutur Dedy Permadi.

Menurut Dedy, kedua program prioritas tersebut masing-masing ditargetkan akan mampu menjangkau jumlah 100 ribu peserta tahun 2022. Bahkan, untuk pengembangan ekosistem startup digital,  Kementerian Kominfo membuka peluang untuk mengikuti program Sekolah Beta, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Startup Studio ID, Hub.id dan IGDX.

“Kemudian terkait dengan digitalisasi UMKM, Kementerian Kominfo menargetkan 100 ribu peserta dapat terfasilitasi hingga di level active selling yakni level lanjutan setelah digital on boarding,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dedy Permadi menjelaskan beberapa tantangan dalam mengoptimalkan ekosistem ekonomi digital Indonesia.  Salah satu tantangan yang menjadi perhatian Menkominfo Johnny G. Plate berkaitan dengan jumlah sumberdaya manusia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: