Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kolaborasi SiCepat bersama Olahkarsa dalam Program Kewirausahaan Sosial (Prokus)

Kolaborasi SiCepat bersama Olahkarsa dalam Program Kewirausahaan Sosial (Prokus) Kredit Foto: Sicepat
Warta Ekonomi, Jakarta -

SiCepat berpartisipasi dalam Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) yang dilangsungkan oleh Olahkarsa di Gedung PGRI Indramayu pada tanggal 16 Desember 2021. Dalam program ini SiCepat berkontribusi dalam menganggarkan dana untuk permodalan usaha kepada 20 Penerima Manfaat yang telah mengikuti pelatihan dari awal hingga kini dan berhasil dengan total dana senilai 60 juta rupiah, serta bantuan alat usaha untuk 5 Penerima Manfaat terbaik dengan nilai total 50 juta rupiah, sehinggal total support SiCepat pada kegiatan ini senilai lebih dari 110 juta rupiah.

Pada kesempatan ini, SiCepat juga hadir dalam seminar kewirausahaan. SiCepat menghadirkan High Value Member (HVM) SiCepat, yakni Christine Dwi Herlinmanda, owner dari CDC Models yang akan membagikan materi kewirausahaan pada peserta ProKUS.

Baca Juga: Tutup Akhir Tahun 2021, SiCepat Ekspres Meraih 3 Penghargaan

Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial sebagai tindak lanjut dari Program Keluarga Harapan (PKH). ProKUS dibuat dengan memperhatikan prinsip integrated dan sustainable program yang diciptakan agar dapat berkesinambungan dengan Program Keluarga Harapan (PKH). ProKUS memiliki target yang spesifik, yaitu Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang memiliki bisnis atau usaha.

Pada Program Kewirausahaan Sosial ini, Olahkarsa berperan menjadi mitra inkubator bisnis dengan menggandeng local champion sebagai mentor bisnis bagi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan. Lokasi dari program ini berada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Suwenda Asmita, Asisten Daerah Indramayu, Wiwin Dewi H., CMCCO SiCepat Ekspres, dan Unggul Ananta, CEO Olahkarsa, berkeliling mengunjungi booth UMKM

Wiwin Dewi Herawati, Chief Marketing and Corporate Communication Officer SiCepat Ekspres menjelaskan, bahwa program ProKUS sejalan dengan misi yang dijalankan oleh SiCepat Ekspres, yakni memberdayakan UMKM di Indonesia, terutama memberdayakan keluarga pra sejahtera. Kesempatan ini merupakan ajang untuk unjuk gigi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan membuktikan bahwa melalui pelatihan yang tepat, keluarga pra sejahtera dapat menjadi UMKM yang berkembang hingga go digital sehingga dapat bersaing dan sukses.

“Misi SiCepat dalam pemberdayaan UMKM akan tetap terus berlanjut, kami tidak hanya berfokus pada pelayanan logistik, kami telah membangun ekosistem end-to-end services berbasis digital dengan program Customer Loyalty Management, dan kami sudah mengeluarkan fitur pinjam modal di aplikasi SiCepat Ekspres untuk memberikan akses permodalan bisnis yang mudah dan bunga yang ringan,” tutur Wiwin.

Melalui kolaborasi ini SiCepat berharap bahwa program ProKUS akan terus berlanjut dan SiCepat terbuka untuk berkolaborasi dengan pemerintah, Kementerian Sosial, dan stakeholder untuk pemberdayaan masyarakat melalui program Kewirausahaan ataupun pengembangan UMKM.

Unggul Ananta, Chief Executive Officer Olahkarsa memaparkan, Kabupaten Indramayu ini menjadi salah satu lokasi berjalannya program ProKUS. ProKUS juga memberikan mentoring kepada pelaku UMKM, baik secara keuangan maupun produksi.

“Terima kasih kepada SiCepat yang memberikan support atas berjalannya acara hari ini. Para UMKM telah melalui proses yang panjang dalam program ProKUS ini. Kedepannya kami ingin Program Kewirausahaan Sosial ini dapat meningkatkan UMKM di Indonesia dengan dukungan dari pihak pemerintah, swasta, dan SiCepat Eskpres,” ungkap Unggul.

Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan