Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kilas Balik Capaian Program Ekonomi Digital 2021, Kominfo Patok Target Baru untuk 2022

Kilas Balik Capaian Program Ekonomi Digital 2021, Kominfo Patok Target Baru untuk 2022 Kredit Foto: Kemenkominfo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo melaksanakan sejumlah program untuk mendukung perkembangan sektor digital di Indonesia. Hal itu didasari oleh kebutuhan pemulihan ekonomi usai pandemi serta potensi sektor ekonomi digital sebagai penggerak utama ekonomi Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika telah mengarahkan agar pengembangan sektor ekonomi digital dilakukan secara komprehensif, di antaranya melalui program startup digital dan digitalisasi UMKM.

Juru Bicara Menteri Kominfo, Dedy Permadi, mengungkapkan bahwa Kominfo memiliki program komprehensif dalam memfasilitas pelaku startup digital. Pertama, Sekolah Beta yang memberikan wawasan dasar terkait konsep usaha startup.

Program berikutnya adalah Gerakan 1.000 Startup Digital yang memfasilitasi inkubasi pendirian awal startup. Ada pula StartupStudio ID yang memfasilitasi capaian product market fit. Ada juga Hub.id yang memfasilitasi business matchmaking dan peluang investasi. 

Serta Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) yang memberikan mentorship kepada para pengembang gim lokal," pungkasnya, Kamis, 30 Desember 2021.

Sepanjang tahun 2021, Kementerian Kominfo telah melaksanakan program digitalisasi UMKM melalui program fasilitasi active selling, Digital Entrepreneur Academy (DEA), dan UMKM di 10 kawasan wisata prioritas. Dalam program ini, peserta mendapatkan pelatihan dan starter kit paket data, aplikasi aggregator, aplikasi Point of Sales (POS), serta Learning Management System (LMS).

Target dan Tantangan Kominfo dalam Optimalisasi Ekonomi Digital Tahun 2022

Melihat kilas balik capaian-capaian tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor ekonomi digital Indonesia dengan berbagai target baru di tahun mendatang.

“Di tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan 100.000 peserta dapat mengikuti berbagai program pengembangan startup, seperti Sekolah Beta, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Startup Studio ID, Hub.ID, dan IGDX, serta 100.000 peserta dapat terfasilitasi dalam berbagai program digitalisasi UMKM terutama pada level active selling, yakni level lanjutan setelah digital onboarding,” jelas Dedy Permadi.

Pada Konferensi Pers tersebut, Dedy Permadi juga memaparkan beberapa tantangan dalam optimalisasi ekonomi digital di tahun mendatang, yakni jumlah sumber daya manusia (SDM) di bidang digital yang belum memadai, pembukaan akses pasar pendanaan yang masih terbatas, banyaknya UMKM yang belum memiliki akses keuangan dan perbankan, infrastruktur logistik yang belum optimal di seluruh Indonesia, serta budaya dan etika berbelanja daring yang belum teredukasi secara maksimal. Hal-hal tersebut akan menjadi perhatian serius Kementerian Kominfo dalam mengembangakan ekosistem ekonomi digital secara optimal di tahun depan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: