Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sandiaga: Esports Berkontribusi Besar bagi Perekonomian di Masa Pandemi

Sandiaga: Esports Berkontribusi Besar bagi Perekonomian di Masa Pandemi Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, menilai industri esports di Indonesia menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang berkembang sangat pesat sehingga berhasil menjadi pandemic winner. pesatnya perkembangan industri ini juga didukung oleh lebih dari 52 juta penduduk Indonesia memainkan game esports.

"(esports) mampu memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia di masa pandemi seperti saat ini, terlebih dengan semakin banyaknya entitas bisnis, yang menaruh minat untuk berkolaborasi dengan e-sport untuk mendukung pengembangan bisnisnya," ujar dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (5/1/2022). 

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa pihaknya secara konsisten terus berupaya untuk mengembangkan ekosistem Esport dan industri gaming di Indonesia melalui ragam program dan kebijakan. Pada Piala Presiden Esport 2021 dan Esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Kemenparekraf/baparekraf turut andil dalam memberikan fasilitasi dan pendampingan bagi game local “Lokapala”. Baca Juga: Lebarkan Sayap, Indoesports Putuskan untuk Akuisisi Seputar Game

"Sedangkan di sisi industry game Indonesia, program Baparekraf Game Prime (BGP) merupakan salah satu program peningkatan eksposur game local untuk lebih dikenal masyarakat dan mancanegara, dikemas dengan adanya esport dan potongan harga pembelian 20 game local di ecommerce. Gelora (game lokal kreasi Indonesia adalah salah satu program inkubasi untuk mengembangkan sumber daya manusia dari sisi game developer," jelasnya.

Selain itu, Sandiaga bilang, untuk membuka akses permodalan, kemenparekraf saat ini direncanakan untuk membuat Peraturan Pemerintah perihal skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual.

Dalam beberapa tahun terakhir, esports telah berkembang menjadi platform yang sangat berpengaruh di mana orang-orang membangun identitas diri, kehadiran secara online, dan terhubung dengan dunia luar. Esports telah menjadi kekuatan budaya arus utama sehingga membuka peluang bagi brand untuk memanfaatkan platform ini.

Hasil riset Agensi komunikasi ASEAN, Vero yang bermitra dengan Decision Lab mengungkapkan bahwa di Indonesia terdapat lebih dari 52 juta penduduk yang memainkan game esports. Sementara genre esports yang paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), dan Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: