Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pembubaran PLN Batu Bara Akan Dilakukan Tahun Ini

Pembubaran PLN Batu Bara Akan Dilakukan Tahun Ini Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan akan melakukan pembubaran terhadap PT PLN Batu Bara.

"Bisa tahun ini ya (pembubaran PLN Batu Bara)," ujar Erick dalam konferensi pers, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Erick Buka Kemungkinan Subholding PLN Akan IPO

Dalam kasus PLN Batu Bara, Erick mengaku membuka dua kemungkinan yang bisa dilakukan terhadap anak perusahaan PLN itu, yaitu dimerger atau ditutup sekaligus.

"PLN Batu Bara ya bisa aja dimerger, atau ditutup. Kemarim holding pangan kami merger seperti Perinus dan Perindo, BGR dengan PT PPI. Nah, itu yang sedang dipelajari lagi, kemungkinannya sangat bisa," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya sedang melakukan peninjauan secara menyeluruh.

"Kami sedang melakukan review secara menyeluruh rantai pasok batu bara. Arahan beliau, rantai pasok ini teridentifikasi terfragmentasi bisnis kompleks yang panjang berbelit-berbelit ini disederhanakan. Di mana ada titik lemah, kami percepat," ujarnya.

Darmawan mengatakan, jika dalam prosesnya perlu ada perubahan di struktur organisasi, maka akan dilakukan. Apabila memang ada suatu organisasi yang harus diubah agar rantai pasok ini bisa mengubah yang tadinya tidak andal menjadi andal dan efektif, maka semua akan dilakukan.

"Termasuk salah satunya kami lakukan review bisnis proses legal operasional dan struktur organisasi maupun SDM untuk likuidasi PLN Batu Bara agar rantai pasoknya berjalam lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan