Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waduh, PKS Tuding Presiden Jokowi Pembohong

Waduh, PKS Tuding Presiden Jokowi Pembohong Kredit Foto: Antara/Sekretariat Presiden
Warta Ekonomi -

Politikus Partai Keadialan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menuding Presiden Jokowi pembohong terkait anggaran pembangunan ibu kota negara di Kalimantan Timur.

Mardani mengatakan, awalnya pemerintah berjanji tidak akan menggunakan anggaran negara dalam megaproyek tersebut.

Namun belakangan, janji pemerintah tersebut justru diingkari. Pemerintah memutuskan akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk memuluskan proyek IKN.

"Nah loh. Waktu itu DPR senang sekali tidak memberatkan APBN. Sudah ketok palu, ternyata diralat, akan memberatkan APBN ," ujar Mardani melalui akun Twitter-nya, Sabtu (22/1).

Mardani menilai masih banyak proyek pembangunan yang lebih membutuhkan uang negara dibandingkan dengan memindah Ibukota Negara.

"Banyak banget proyek-proyek dari APBN yang belum atau tidak selesai, yang masih butuh banyak biaya. Bagusnya fokus ke sana, jangan hambur-hambur uang lagi dengan tambah proyek baru," pungkasnya.

PKS merupakan satu-satunya fraksi di DPR RI yang menolak pemindahan Ibu kota Negara. Alasannya, masih banyak agenda pemerintah yang lebih prioritas dibanding IKN.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sebelumnya berjanji tidak akan menggunakan APBN dalam proyek IKN.
Pada medio Mei 2019 silam, Presiden meminta IKN tidak membebani APBN dengan memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani mencari skema lain.

Namun kini, pemerintah telah mengumumkan skema pembiayaan pembangunan IKN sebesar 53,3 persen dari APBN dan sisanya didapat dari kerja sama swasta dan BUMN.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan