Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Ini Alasan Menhan Prabowo Jual 2 Kapal Perang TNI AL

Jadi Ini Alasan Menhan Prabowo Jual 2 Kapal Perang TNI AL Kredit Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan berencana menjual Kapal Perang (KRI) Teluk Mandar 514 dan Teluk Penyu 513.  Mengenai itu, Menhan Prabowo Subianto menjelaskan proses penjualannya kepada Komisi I DPR RI.

"Kami sampaikan kronologi terkait permohonan penghapusan dengan mekanisme pemindahtanganan lelang," kata Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 27 Januari 2022. 

Baca Juga: Dugaan Kasus Korupsi Kemenhan, Prabowo Bilang Begini

Prabowo menuturkan rencana tersebut termaktub dalam surat keputusan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) terkait rencana penghapusan 15 unit KRI. Rencana penjualan KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 514 adalah bagian dari minimum essential force atau kekuatan pokok minimum. 

"Ada renstra (rencana strategis) 2 MEF 2015-2019," ujarnya. 

Menindaklanjuti rencana itu, TNI AL membentuk tim penelitian dan pencelaan. Secara umum, rekomendasi tim peneliti menyebut kedua kapal perang Indonesia tersebut sudah tidak bisa digunakan. 

"Dengan menggarisbawahi bahwa kondsi KRI Teluk Penyu 513 dan KRI Teluk Mandar 514 rusak berat," imbuhnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan