Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Keuntungan Adaro Naik Lima Kali Lipat, Boy Thohir: Pasar Batu Bara Kondusif, Tapi Harus Hati-Hati

Keuntungan Adaro Naik Lima Kali Lipat, Boy Thohir: Pasar Batu Bara Kondusif, Tapi Harus Hati-Hati Kredit Foto: Liputan6
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kinerja PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) tumbuh positif sepanjang tahun 2021. Adaro membukukan kenaikan pendapatan bersih sebesar 58% dari US$2,54 miliar pada Desember 2020 menjadi US$3,99 miliar pada Desember 2021.

Pertumbuhan pendapatan itu mendongkrak laba kotor Adaro hingga 207% menjadi US$1,77 miliar pada akhir tahun 2021. Laba usaha bahkan tumbuh hingga lebih dari lima kali lipat, yakni 436% dari US$285 juta pada tahun 2020 menjadi US$1,53 miliar pada tahun 2021. Baca Juga: Orang Kaya Mah Bebas! Dalam Sehari, Pieter Tanuri Habiskan Duit Rp900 Juta Lebih Hanya untuk....

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Adaro, Garibaldi Thohir, mengungkapkan bahwa kinerja perusahaan mampu tumbuh positif karena didukung oleh kondisi pasar batu bara yang kondusif. Meski begitu, Garibaldi atau yang akrab disapa Boy Thohir ini mengakui bahwa industri batu bara memiliki siklus sehingga pihaknya harus memastikan bisnis dapat bertahan di tengah berbagai siklus yang ada.

"Kami perkirakan pemulihan ekonomi global akan berdampak positif terhadap industri batu bara, namun kami tetap berhati-hati karena kondisi pandemi yang belum usai," tegasnya, Jumat, 4 Maret 2022.

Sampai dengan akhir Desember 2021, total aset Adaro mencapai US$7,59 miliar. Nilai tersebut tumbuh 19% dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar US$6,38 miliar.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel:

Video Pilihan