Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekonomi Masih Suram, Indeks Keyakinan Konsumen Melorot jadi 113,1 di Februari 2022

Ekonomi Masih Suram, Indeks Keyakinan Konsumen Melorot jadi 113,1 di Februari 2022 Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Februari 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen tetap kuat dan berada pada area optimis. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2022 sebesar 113,1 (indeks > 100), meski lebih rendah dibandingkan 119,6 pada Januari 2022.

Melemahnya IKK Februari 2022 bersumber dari termoderasinya kedua indeks pembentuk IKK dimana Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) masing-masing tercatat sebesar 95,5 dan 130,8, lebih rendah dari 100,9 dan 138,3 pada bulan sebelumnya.

"Keyakinan konsumen pada Februari 2022 yang tidak setinggi bulan sebelumnya disebabkan oleh ekspektasi terhadap kondisi ekonomi mendatang yang lebih terbatas, baik ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun kegiatan usaha, meskipun masih berada pada area optimis," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Rabu (9/3/2022). Baca Juga: Alhamdulillah! Desember 2021, Keyakinan Konsumen Masih di Level Optimis

Pada saat yang sama, lanjut Dia, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan, ditengarai sejalan dengan meningkatnya kasus Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang lebih ketat di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai informasi, melemahnya indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE) disebabkan oleh melemahnya seluruh komponen pembentuk IKE, terdalam pada Indeks Penghasilan Saat Ini

yang tercatat sebesar 102,5 atau turun sebesar -9,4 dari bulan sebelumnya. Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Pembelian Durable Goods juga tercatat turun masing-masing sebesar -6,6 dan -0,3 poin menjadi 89,9 dan 94,0.

Kemudian, ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha ke depan tercatat tidak sekuat bulan sebelumnya, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha sebesar 127,4, menurun dari 140,4. Sementara ekspektasi konsumen terhadap tersedianya lapangan kerja pada 6 bulan mendatang juga terpantau melemah, tercermin dari Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja Februari 2022 yang turun menjadi 129,7 dari 134,8, pada Januari 2022.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: