Eksistensi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia kian merambah global, selain karena produknya yang semakin berkualitas dan diminati mancanegara, juga karena didukung pemasaran yang gencar oleh berbagai pihak.
Kualitas dan pemasaran yang proaktif ini antara lain direpresentasikan oleh partisipasi 72 UMKM binaan Bank Indonesia (BI), termasuk anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRAI), pada acara “Bank Indonesia Special Week” di Paviliun Indonesia dalam Expo 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), yaitu pameran internasional yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali.
Baca Juga: Kemenkop-UKM Hadirkan Katalog Produk UMKM di Ajang MotoGP Mandalika
Kegiatan ini juga merupakan kerja sama antara BI dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Pemprov DKI Jakarta, dan industri. Mengusung semboyan Indonesia: Archipelago of Opportunities, Showcasing UMKM yang terselenggara dari Jumat (11/3/2022) hingga Kamis (17/3/2022) tersebut merupakan bagian dari side event Presidensi G20 2022 yang menekankan pentingnya peran UMKM sebagai salah satu agenda finance track G-20 dalam semangat Recover Together, Recover Stronger.
Keramaian stand di Paviliun Indonesia tidak terlepas dari ragam produk UMKM unggulan yang meliputi perhiasan, busana termasuk aksesoris, tekstil dan pakaian jadi, produk perawatan tubuh, pernak-pernik rumah tangga, makanan dan minuman, dan lainnya.
Adapun pengenalan produk UMKM pada Expo 2020 Dubai telah dimulai sejak November 2021 melalui proses kurasi yang cukup ketat. Kualitas kurasi tersebut dibuktikan dengan permintaan tindak lanjut bisnis yang terus mengalir dari pembeli potensial luar negeri.
Minat pembeli ini akan direspons dengan Business Matching UMKM sebagai wadah pertemuan dan sales pitch pembeli potensial dari mancanegara.
Momentum World Expo 2020 Dubai, serta branding Dubai sebagai pemain global di dunia fashion dan mode Islami juga menjadi sarana yang tepat untuk menghadirkan Fashion Show, Minggu (13/3/2022) busana muslim dengan tema “Indonesia Modest Fashion Day" dengan koleksi muslim/modest fashion para desainer Indonesia berkolaborasi dengan UEA melalui penggunaan kain wastra.
Selain itu, BI Special Week juga menyelenggarakan rangkaian Business Forum pada Senin (14/3/2022) hingga Kamis (17/3/2022) yang mengangkat beragam topik antara lain diseminasi informasi potensi Indonesia dalam industri halal global, digitalisasi sistem pembayaran untuk ekonomi inklusif, dan upaya memperkuat UMKM dalam rantai pasok global.
Baca Juga: Dorong Pertumbuhan UMKM Di Pontianak, PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik
Tak ketinggalan hadir pula Coffee Cupping pada Kamis (17/3/2022) yang memperkenalkan cita rasa kopi asli Indonesia ke para pengunjung, sehingga seluruh acara tersebut akan menjadi magnet bagi para calon pembeli dari berbagai belahan dunia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar