Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Program Scalebox Sinar Mas Land Sukses Bantu Pendanaan Startup Digital, Total Lebih dari Rp10 Miliar

Program Scalebox Sinar Mas Land Sukses Bantu Pendanaan Startup Digital, Total Lebih dari Rp10 Miliar Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Program Scalebox yang diselenggarakan oleh Sinar Mas Land melalui Digital Hub berhasil membantu pendanaan untuk startup digital senilai lebih dari Rp10 miliar.

Acara yang turut menggandeng Nakama.id ini melibatkan 175 startup dari BSD City, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta serta 20 provinsi lainnya di seluruh Indonesia bahkan hingga Jepang dan Belanda. Kemudian, dipilih 10 peserta terbaik yang maju ke Demo Day untuk bertatap muka langsung dengan para Venture Capital dan Angel Investor.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Sinar Mas Land Sebar Ribuan Liter Minyak Goreng

"Dari 10 Startup terbaik, terpilihlah 8 startup yang mendapatkan pendanaan dari MDCO dan Patamar Capital senilai lebih dari Rp10 miliar serta kredit pembelajaran di Amazon Web Services (AWS) senilai total USD 300.000," kata Debora Temmy, CEO Nakama.id, dalam keterangan tertulis, Senin (14/3/2022).

Kedelapan startup itu berhasil mendapatkan pendanaan, yaitu Female in Action, Xetia, Leastric, Amiga, Educourse, Carikemasandotcom, Aquila Herbs, dan Spiralife. Adapun perusahaan modal ventura yang berkolaborasi dalam Scalebox kali ini adalah Sinar Mas Land, Sovereign's Capital, Patamar Capital, MDI Ventures, EV Growth, Ideasource dan Spiral Ventures, serta turut dihadiri oleh 10 Angel Investor.

Sementara Supporting Partner program Scalebox kali ini adalah Parker, AWS, Instellar, Indigo, Venturi Startup Studio, Cakruk, STEMpreneur, Impactpreneur, Founders Live, Chameleon, Media Startup, Startup Borneo, Palembang Digital, Group of Smart Courses (GSC) dan Rakamin Academy.

"Sinar Mas Land membangun Digital Hub bukan hanya secara fisik tapi juga sebagai sebuah ekosistem. Saya harap pendanaan dari acara Scalebox dapat digunakan para pelaku startup untuk berkembang lebih optimal," ujar Irawan Harahap, CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land.

Kegiatan Scalebox berlangsung secara virtual selama empat bulan mulai dari September 2021 hingga Januari 2022. Dalam acara itu, Digital Hub dan Nakama.id memberikan pelatihan dan pendampingan bagi startup berbasis digital.

Scalebox mendapatkan animo positif dari pelaku startup di dalam dan luar negeri. Salah satu peserta acara, Agus Setia dari Xetia.io yang mengikuti program dari Osaka, Jepang, mengungkapkan pelatihan dari Scalebox membantunya dalam menyusun perencanaan bisnis.

"Dari sini saya juga berhasil menemukan beberapa blindspot yang dapat segera diperbaiki sehingga aplikasi saya bisa beroperasi lebih optimal,” ucap Agus.

Baca Juga: Jalin Kerja Sama, Sinar Mas Land dan Jawa Timur Park Group Bangun City Zoo di BSD City

Selain mendapatkan pendanaan dari Venture Capital, para startup juga akan dibukakan potential access market oleh Nakama.id. Dengan begitu, startup diharapkan dapat lebih berkembang, melakukan scale up dengan lebih mudah, dan menyempurnakan bisnis mereka.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan