Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kinerja WEHA Berbalik Positif di Kuartal 4 Tahun 2021

Kinerja WEHA Berbalik Positif di Kuartal 4 Tahun 2021 Kredit Foto: WEHA Transportasi Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bisnis PT WEHA Transportasi Indonesia, Tbk di tahun 2021 menunjukkan hasil cukup baik dibandingkan tahun 2020 dengan meningkatnya penjualan dari Rp71 miliar rupiah di tahun 2020 menjadi Rp93 miliar atau meningkat sebesar 33% dari tahun sebelumnya. Perseroan berhasil mencapai laba bruto di tahun 2021 sebesar Rp31 miliar, berbalik dari yang alami rugi bruto sebesar Rp1,5 miliar di tahun 2020.

Perseroan juga berhasil mengurangi Rugi Bersih dari Rp33,6 miliar di tahun 2020 menjadi Rp9,6 miliar di tahun 2021. EBITDA Perseroan tahun 2021 mencapai Rp20,6 miliar, sedangkan tahun 2020 posisi EBITDA masih minus Rp11,6 miliar.

Baca Juga: Jasa Marga Bukukan Laba Bersih Hingga Rp1,62 Triliun

Bisnis Perseroan berangsur-berangsur mengalami titik balik yang cukup menggembirakan, ditandai dengan meningkatnya signifikan pendapatan Perseroan di kuartal 4 tahun 2021 tumbuh berkisar 74% dibandingkan kuartal ke 4 tahun 2020. Selain itu, Perseroan berhasil membukukan laba bersih Rp1,4 miliar di tahun 2021 dari tahun 2020 dalam periode yang sama perseroan masih mengalami kerugian Rp4,6 miliar.

Untuk EBITDA Perseroan di kuartal 4 berhasil mencapai Rp11,1 miliar, sedangkan tahun 2020 di periode yang sama EBITDA Perseroan hanya sebesar Rp 2,5 miliar, atau meningkat 338% dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan bisnis Perseroan di Kuartal ke 4 tahun 2021 ini terutama disebabkan karena adanya perbaikan ekonomi dan penurunan angka Covid-19.

"Di kuartal ke 4 tahun 2021, lini usaha penyewaan bus kami meningkat 53% jika  dibandingkan dengan kuartal ke 4 tahun 2020. Hal ini disebabkan strategi Perseroan untuk segmen corporate shuttle cukup menghasilkan dalam menghadapi pandemi. Saat bersamaan, sektor retail juga mulai bangkit sehingga membukukan peningkatan yang cukup signifikan," kata Direktur Utama WEHA, Andrianto Putera Tirtawisata, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Dari lini usaha Jasa pengangkutan antar kota dengan brand DayTrans, Perseroan membukukan kenaikan sebesar 76% di kuartal 4 tahun 2021 dibandingkan dengan kuartal 4 tahun 2020. Selama pandemi, Perseroan agresif membuka rute-rute baru seperti Jakarta-Semarang, Bekasi-Bandung, Semarang-Surabaya, Yogyakarta-Surabaya, dan Surabaya-Malang. Dengan adanya rute-rute baru tersebut, Perseroan telah menjadi satu-satunya Perusahaan Shuttle dengan rute hampir mencakup seluruh Jawa. 

"Selama Pandemi Perseroan juga mencoba memenetrasi pasar logistik dengan membuat brand DayTrans Express. Kami melihat bahwa DayTrans mempunyai kemampuan untuk menjadi Perusahaan Logistik karena armada dan jadwal yang banyak sehingga memungkinkan untuk menjadi pengirim tercepat antarkota dengan harga yang terjangkau," jelas Andrianto.

Selain DayTrans Express, lanjut Andrianto, pihaknya juga membuat lini usaha yang bernama DayMall yang merupakan jastip antarkota. Melihat kemampuan Perseroan untuk mengirim barang dengan cepat segmen makanan atau jajanan menjadi sangat tepat bagi Perseroan. Per hari ini merchant yang sudah bergabung dengan DayMall ada lebih dari 2.700 merchant.

Platform Open Trip Perseroan, Explorer.id, juga sudah mulai menunjukkan perbaikan signifikan di kuartal 4. Jumlah peserta yang diberangkatkan sudah mencapai 500 sampai 600 penumpang setiap minggunya. Jadi hampir 3.000 penumpang setiap bulannya. Hal ini disebabkan tingginya angka vaksinasi membuat orang berani untuk bepergian. Perseroan pun mengaku percaya permintaan untuk open trip akan terus meningkat seiring dengan berubahnya Pandemi menjadi endemi.

"Kami melihat tendensi orang untuk melakukan perjalanan wisata akan pulih di tahun 2022. Strategi-strategi Perseroan di atas dapat berhasil karena transformasi digital di dalam Perusahaan yang cukup agresif. Aplikasi DayTrans per hari ini telah di-download lebih dari 200.000 downloader," terang Andrianto.

Setiap harinya, dia menerangkan, downloader-nya bertambah dari 300 per hari menjadi 600 downloader per hari. Aplikasi explorer.id juga menunjukkan kenaikan downloader yang cukup signifikan.

"Aplikasi kami sudah di-download lebih dari 140.000 user dan juga bertambah 250 downloader per harinya," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: