Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tanggapi Wacana Jabatan 3 Periode, Jokowi Kembali Tegaskan Taat Konstitusi

Tanggapi Wacana Jabatan 3 Periode, Jokowi Kembali Tegaskan Taat Konstitusi Kredit Foto: Muhammad Syahrianto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi ucapan sejumlah pihak yang menyatakan masyarakat menginginkan penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Jokowi menegaskan, semua pihak harus taat pada konstitusi yang sudah jelas mengatur masa jabatan presiden.

“Yang namanya keinginan masyarakat, yang namanya teriakan-teriakan seperti itu kan sudah sering saya dengar. Tetapi yang jelas, konstitusi kita sudah jelas. Kita harus taat, harus patuh terhadap konstitusi, ya,” kata Jokowi usai meninjau Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (30/3).

Wacana Jokwi tiga periode sebelumnya menggema dalam acara Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3). Hal ini disampaikan perwakilan Kepala Desa bernama Muslim dari Provinsi Aceh.

Baca Juga: Sesumbar! Loyalis Jokowi Klaim 25 Juta Orang Dukung Presiden Jabat 3 Periode

Pernyataan tersebut juga disampaikan di hadapan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Muslim bercerita bahwa di desanya mengalami perubahan sejak Presiden Jokowi menjadi Kepala Negara pada 2014 lalu. Salah satunya, yaitu petani mendapatkan kemudahan untuk bercocok tanam di Taman Nasional Gunung Leuser.

“Setelah Bapak Jokowi jadi presiden sekarang sudah ada kemudahan bagi petani di sana (Taman Nasional Gunung Leuser) kelompok tani hutan konservasi. Permintaan kami tolong mudahkan kembali ke Aceh Tenggara,” ucap Muslim.

Muslim mengeluh terkait kantor Taman Nasional Gunung Leuser yang kini berada di Medan, Sumatera Utara. Dia meminta agar kantor tersebut kembali dipindahkan ke Aceh Tenggara, karena hal ini mengakibatkan para pejabat di Taman Nasional Gunung Leuser tidak bekerja maksimal.

“Tolong didefinitifkan, karena di Aceh Tenggara itu sebelah timurnya hutan lindung dan baratnya Taman Nasional Gunung Leuser. Cuma 13 persen lahan itu,” ungkap Muslim.

Lantas Muslim pada akhir pernyataannya menggelorakan Jokowi tiga periode. “Jadi tolong ini sebagai permintaan kami kepada bapak, saya yakin bapak bisa mengabulkan dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode,” seru Muslim.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: