Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag Optimis Indonesia Bisa Jadi Pusat Fashion Muslim Dunia di Tahun 2024

Kemendag Optimis Indonesia Bisa Jadi Pusat Fashion Muslim Dunia di Tahun 2024 Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan, JMFW menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan produk halal dan fashion muslim Indonesia di pasar global.

"JMFW menjadi upaya memperkenalkan dan mempromosikan produk fashion muslim Indonesia di pasar global, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada kemajuan industri fashion muslim Indonesia, serta menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia," ujar Lutfi.

Baca Juga: Ini Kata Kemendag, Soal Dugaan Gratifikasi Ekspor Minyak Goreng yang Diungkap Kejagung, Simak!

Sebagai informasi, JMFW diinisiasi Kementerian Perdagangan yang bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Sejumlah mitra kerja meliputi kementerian dan lembaga, salah satunya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Serta akademisi, desainer, asosiasi, dan industri fashion dengan industri penunjangnya seperti industri makanan halal, kosmetik, aksesoris, dan alas kaki.

"Sebagaimana Roadmap Fashion Muslim Indonesia, maka fokus penyelenggaraan JMFW tahun 2022 ini adalah penguatan branding fashion muslim Indonesia dengan segala potensi, kreativitas, dan inovasi produk. Banyak hal yang perlu kita kerjakan bersama-sama dan diperlukan sinergi dengan berbagai pihak terkait," tegas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi.

Acara puncak JMFW tahun 2022 ini direncanakan digelar pada 20-22 Oktober 2022 mendatang, yang akan berjalan bersamaan dengan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia 2022 di ICE BSD, Tangerang. Rangkaian kegiatan berupa penyelenggaraan busana, pameran, temu wicara, dan seminar. Akan diadakan pula area pamer virtual dan penjajakan bisnis.

Sementara itu di tahun 2023 mendatang, targetnya adalah penguatan jejaring kerja dengan terjun langsung dalam peta fashion internasional. Lalu, untuk target tahun 2024 adalah deklarasi Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia, melalui JMFW yang telah menjadi perhelatan internasional.

Baca Juga: Bantu Kemendag, DPR Tuntut KPPU Usut Kartel Minyak Goreng di Indonesia!

Lebih lanjut, pada sektor fashion muslim, Indonesia tidak hanya unggul dari ukuran pasar, tetap juga potensi pelaku yang mampu membuat produk-produk fashion muslim berkualitas tinggi. Dari sejumlah topik diskusi tersebut, Indonesia berpeluang besar untuk menjadi kiblat fashion muslim dunia di tahun 2024 mendatang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: