Metode pembayaran cash on delivery (COD) kerap menemui sejumlah permasalahan, salah satunya penipuan yang dilakukan penjual fiktif dengan menggunakan metode ini.
Padahal, masih banyak konsumen yang memilih metode COD ketika berbelanja di e-commerce, khususnya konsumen dengan tujuan pengiriman di luar Pulau Jawa. Hal ini disebabkan sistem COD memberikan kemudahan bagi pembeli tanpa harus melakukan transaksi e-banking maupun datang ke gerai ATM atau minimarket untuk membayar. Pembeli juga merasa lebih tenang karena pembayaran dilakukan di tempat ketika paket sudah sampai.
Baca Juga: Produk Koperasi dan UMKM Harus Banjiri e-Commerce Dalam Negeri
Namun, metode ini kemudian digunakan penipu dengan berbagai modus, misalnya pembeli dibujuk untuk membeli barang melalui iklan atau online store palsu, barang yang dibeli tidak sesuai deskripsi, dan bahkan dibujuk untuk membayar barang yang tidak mereka beli. Pembeli biasanya baru menyadari penipuan setelah membayar barang dan membuka paket.
Untuk menghindari kerugian akibat penipuan melalui metode COD, Ninja Xpress membagikan enam tips transaksi COD aman. Adapun keenam tips tersebut adalah sebagai berikut.
Lakukan riset yang teliti
Belanja hanya dari e-commerce dan penjual yang terpercaya. Cek track record penjual, ulasan dari pembeli lain, dan apakah penjual memiliki beberapa akun yang berbeda.
Cek deskripsi dan harga barang
Apabila harganya terlalu murah, kemungkinan ada penipuan. Jika memungkinkan, pilih pembayaran nontunai.
Pastikan tanggal pengiriman paket
Setelah memesan, pastikan tanggal pengiriman paket dan informasikan anggota keluarga jika tidak berada di rumah.
Pastikan paket memang berasal dari penjual
Pastikan paket yang sampai memang dari penjual yang sama dengan jenis barang yang memang dibeli. Jangan terima paket jika data tidak sesuai ataupun jika tidak merasa melakukan pembelian.
Lakukan pembayaran ke kurir
Hal utama yang perlu diingat oleh konsumen adalah paket baru dapat dibuka setelah konsumen melakukan pembayaran.
Ambil foto dan video ketika barang datang
Jangan lupa untuk mengambill foto dan video unboxing ketika barang datang. Hindari mengeluhkan kondisi isi paket kepada kurir karena kurir hanya menjadi perantara yang bahkan terkadang tidak memiliki kontak penjual.
Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penyelesaian masalah yang dialami oleh pelanggan atau konsumen akhir (end-consumer), Ninja Xpress menghadirkan peningkatan layanan konsumen (customer care) yang bebas repot dan tanpa drama.
Layanan Customer Care Ninja Xpress akan memberikan respons cepat atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam setiap hari. Tidak hanya itu, Ninja Xpress juga akan selalu berusaha menghadirkan Resolusi Tepat bagi setiap kebutuhan shipper ataupun konsumen.
Ninja Xpress juga membantu shipper mengirimkan paket dengan mudah melalui penjemputan langsung ke lokasi dengan terlebih dahulu mendaftar di http://bit.ly/NXShipperSignUp atau datang langsung ke Ninja Point terdekat di https://ninjaxpress.co/id-id/services/ninja-point.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: