Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diresmikan Wapres, Gernas BBI di Sumbar Dorong Pengembangan UMKM

Diresmikan Wapres, Gernas BBI di Sumbar Dorong Pengembangan UMKM Kredit Foto: OJK
Warta Ekonomi, Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). OJK berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan menggelar rangkaian Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Sumatera Barat dengan tema "Maju Berkah Basamo UMKM Sumatera Barat" dan turut mendukung program Pemerintah Daerah "Visit Beautiful West Sumatra".

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin didampingi Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, meresmikan Pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Plataran Jam Gadang, Bukittinggi Sumatera Barat, Selasa (12/4).

Baca Juga: Perkuat UMKM Sumbar, Wapres Minta Pengusaha Minang Bantu Tembus Pasar Ekspor

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa sejak awal diluncurkan tahun 2020, telah membangkitkan gairah masyarakat untuk bangga menggunakan produk lokal dengan Gernas BBI diharapkan produk UMKM menjadi tuan rumah negeri sendiri.

"Kita terus berupaya agar produk dalam negeri, terutama produk UMKM, menjadi tuan rumah di negeri sendiri, mengalahkan konsumsi produk impor. Kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau bukan sekarang, kapan lagi," kata Wapres dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Wapres juga menyampaikan bahwa selain peningkatan infrastruktur digital, dukungan kepada UMKM dapat diberikan melalui program pinjaman tanpa bunga dan pengembangan UMKM bersertifikasi halal, sebagai jaminan perlindungan bagi umat dalam mengonsumsi produk halal, sekaligus untuk kemudahan ekspor ke negara-negara muslim.

"Saya berharap pembentukan zona kuliner halal, aman, dan sehat atau Zona KHAS di Sumbar dapat meningkatkan pariwisata Sumbar. Saya juga dorong makin banyak zona khas di seluruh Indonesia," lanjut Wapres.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan ucapan terima kasih dan harapannya agar dengan Gernas BBI ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelaku UMKM di Sumatera Barat. "Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder dan kami harapkan melalui Gernas BBI, UMKM yang merupakan soko guru perekonomian Indonesia makin berkembang serta mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi," sambungnya.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya secara virtual menyampaikan salah satu hal yang penting dalam perkembangan UMKM ialah permodalan untuk UMKM. Dengan Gernas BBI ini, diharapkan permodalan untuk UMKM makin mudah dan sejalan dengan itu dapat mencapai target pembiayaan UMKM sebesar 30% pembiayaan perbankan untuk UMKM pada 2024.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan juga berpesan agar seluruh jajaran dan lembaga di Sumatera Barat termasuk universitas agar terus mendukung UMKM dengan membuat inovasi atau kreativitas baru sehingga UMKM dapat terus berkembang.

Rangkaian Kampanye Gernas BBI ini dilakukan dalam rangka meningkatkan jumlah pelaku UMKM yang masuk ke ekosistem digital, meningkatkan jumlah belanja produk lokal, perluasan pemasaran, dan mempermudah akses permodalan.

Kegiatan Gernas BBI ini melibatkan 332 Pelaku UMKM binaan Kementerian/Lembaga, Pemda, Pemkot, dan para mitra pendukung lainnya. Saat ini terdapat 45 UMKM dalam Gernas BBI di Bukittinggi dan ditargetkan untuk mengikuti seluruh kegiatan showcasing dan pendampingan. Selanjutnya, pada Juni 2022 akan diperoleh lima pelaku UMKM yang akan keluar sebagai UMKM champion.

Bersamaan dengan peresmian Gernas BBI juga diluncurkan Virtual Expo yang merupakan platform berbasis web sebagai bentuk Inovasi Digital 3-Dimensi yang hadir melalui solusi Virtual Exhibition.  3D Virtual Exhibition ini juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan alam, budaya, dan UMKM yang ada di Indonesia yang sangat beragam.

Pembukaan kampanye Gernas BBI yang bertepatan dengan bulan Ramadan dan Sumatera Barat sebagai tuan rumah memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan ekosistem industri halal. Bentuk dukungan kepada UMKM salah satunya melalui pembentukan Zona KHAS (Kuliner Halal, Aman, Sehat) Los Lambuang di Kota Bukittinggi dan UMKM Halal Hub Bukittinggi.

OJK juga terus mendorong industri jasa keuangan untuk memberikan dukungan langsung kepada para pelaku UMKM dan petani yang ada di Sumatera Barat. Pada saat acara peresmian Gernas BBI, juga diserahkan bantuan mesin produksi saus tomat dan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kelompok tani tomat KWT Mawadah sebesar Rp225 juta oleh Bank Rakyat Indonesia, sertifikasi halal kepada 100 UMKM oleh Bank Negara Indonesia, serta bantuan pembentukan Zona KHAS oleh Bank Syariah Indonesia.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan