Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Tingkatkan Penjualan UMKM di Masa Pandemi
Platform digital, dewasa ini menjadi andalan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya. Hal itu pun turut diikuti dengan meluasnya pasar konsumen yang kini lebih gemar mencari berbagai produk menggunakan beragam lapak jual-beli online.
Dunia e-commerce tersebut pun kian menjamur seiring dengan aturan yang memaksa masyarakat harus membatasi mobilitasnya akibat pandemi Covid-19 yang mewabah sejak lebih dari dua tahun silam.
Baca Juga: Gunakan Teknologi Agar Bermanfaat Langkah Menjadi Pahlawan di Era Digital
Anggota Komisi 1 DPR RI, H. Bambang Kristiono, S.E mengatakan bahwa perkembangan e-commerce ini, merupakan bentuk kegigihan dan perjuangan para pelaku UMKM dalam bertahan di masa paceklik yang serba sulit.
Sebab seperti ysng diketahui, pelaku UMKM merupakan golongan masyarakat yang paling terdampak selama pandemi.
"Oleh karena itu, para pelaku UMKM membutuhkan cara baru agar tidak memerlukan proses tatap muka secara langsung dengan pelanggan. Sehingga UMKM harus menggunakan teknik pemasaran digital melalui e-commerce atau media sosial. Pada awalnya berjualan di e-commerce tentu saja membuat khawatir para pelaku UMKM karena ketidakpastian pembeli. Namun, ternyata e-commerce memiliki peluang lebih besar untuk maju karena bisa menjangkau customer dari kalangan manapun," jelas Bambang.
Hal itu dipaparkannya dalam sebuah acara webinar dengan tema bertajuk "Ngobrol Bareng Legislator: Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan UMKM Pada Masa Pandemi," pada Selasa (12/4/2022).
Menurutnya, melalui e-commerce ini para pelaku usaha dapat meraih berbagai macam keuntungan. Salah satunya, yakni mampu menekanharga promosi di media-media konvensional. Para pelaku UMKM bisa mengembangkan kreativitas dan menarik pembeli di manapun dan kapanpun.
"Tidak ada batasan keterjangkauan customer jika UMKM menggunakan ruang digital untuk mempromosikan produknya," tuturnya.
Senada dengannya, Dosen Ilmu Komunikasi, Reja Dalimunthe mengatakan, pemilihan ruang digital sebagai strategi jual-beli merupakan usaha yang tepat dilakukan oleh pelaku UMKM di era globalisasi ini.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Alfi Dinilhaq
Tag Terkait: