Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Erdogan Kutuk Keras Tindakan Israel atas Penyerangan Masjid Al Aqsa

Erdogan Kutuk Keras Tindakan Israel atas Penyerangan Masjid Al Aqsa Kredit Foto: Instagram/Recep Tayyip Erdogan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan telah menyampaikan dukungan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Ahad (17/4). Dia mengutuk intervensi Israel terhadap jamaah di masjid Al-Aqsa Yerusalem.

"Selama panggilan kami, saya memberi tahu Abbas bahwa saya sangat mengutuk intervensi Israel terhadap jamaah di Masjid Al-Aqsa dan bahwa kami akan menentang provokasi dan ancaman terhadap status atau semangatnya," kata Erdogan di Twitter.

"Turki selalu mendukung Palestina," ujarnya.

Erdogan mengatakan telah membahas perkembangan di Al-Aqsa dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Dia menilai intervensi dan provokasi Israel menghasilkan kondisi yang tidak dapat diterima. Keduanya juga membahas kemungkinan langkah bersama untuk perdamaian regional.

Turki sebelumnya telah meluncurkan berbagai inisiatif di dalam PBB dan Organisasi untuk Kerjasama Islam (OKI) terhadap tindakan Israel terhadap Palestina dan kebijakannya mengenai Yerusalem atau statusnya. Namun, baru-baru ini Ankara dan Tel Aviv sedang menormalkan hubungan  yang telah lama tegang.

Awal bulan ini, Erdogan telah memberi tahu Presiden Israel Isaac Herzog bahwa Turki mengharapkan pihak berwenang Israel untuk peka terhadap kondisi di Al-Aqsa selama Ramadhan. Dia menekankan pentingnya mengizinkan orang Palestina memasuki Israel.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan akan mengunjungi Israel dan Palestina bersama Menteri Energi Fatih Donmez pada pertengahan Mei. Kunjungan ini membahas penunjukan kembali duta besar dengan mitranya dari Israel. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan