Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

LPEI Jalin Kerja Sama dengan Pemda Aceh dalam Meningkatkan Ekspor Nasional

LPEI Jalin Kerja Sama dengan Pemda Aceh dalam Meningkatkan Ekspor Nasional Kredit Foto: LPEI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Aceh untuk meningkatkan ekspor nasional. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso secara hybrid dan Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT. di Pendopo Gubernur Aceh pada Kamis 14 April lalu. 

"Kesepakatan bersama yang difasilitasi oleh Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Aceh ini adalah bagian dari Program Pojok SMV yang akan banyak fokus terhadap pengembangan kapasitas industri kecil dan menengah, koperasi, serta usaha mikro kecil dan menengah berorientasi ekspor," ungkap Rijani dalam siaran resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Buktikan Komitmen Bawa UMKM Tembus Pasar Ekspor, BRI Jalin Kerja Sama dengan LPEI

Rijani mengatakan sejumlah produk unggulan Aceh, seperti kopi, minyak hitam, dan ikan tuna memiliki potensi ekspor yang besar untuk ditingkatkan. Tercatat hampir 75 ribu pelaku UMKM di Aceh yang sebagian di antaranya merupakan UMKM yang berorientasi ekspor.

Potensi tersebut akan dapat dimaksimalkan melalui program pengembangan UMKM berorientasi ekspor LPEI, seperti Coaching Program for New Exporter (CPNE), Business Matching Program, dan Desa Devisa.

Baca Juga: BRI Gandeng LPEI Guna Dorong UMKM Tembus Ekspor

"Kami sangat yakin bahwa potensi komoditas ekspor di wilayah Aceh yang dikolaborasikan dengan berbagai program LPEI dapat memacu pertumbuhan ekspor di Aceh sesuai dengan mandat kami," kata Rijani.

Lebih lanjut, Rijani menyampaikan bahwa kesepakatan bersama tersebut nantinya akan menjadi payung untuk berbagai peluang kerja sama antara LPEI dan Pemerintah Aceh sebagai upaya meningkatkan ekspor UMKM di Aceh, baik berbentuk sosialisasi, pelatihan, maupun pertukaran informasi.

"Kolaborasi LPEI dan Pemerintah Aceh tentu akan menjadi langkah UMKM bangkitnya UMKM dan koperasi di Aceh sehingga siap menjajal pasar global," ujar Rijani.

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan