Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom Gandeng Singtel Perluas Bisnis Data Center

Telkom Gandeng Singtel Perluas Bisnis Data Center Kredit Foto: Telkom Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memperkuat bisnis data center dengan menggandeng Singtel, perusahaan telekomunikasi terkemuka di Asia. Kedua belah pihak meneken nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) pada pekan lalu.

Ada dua nota kesepahaman yang ditandatangani yakni kolaborasi untuk pengembangan bisnis data center regional serta integrasi layanan fixed dan mobile broadband, atau yang juga disebut Fixed Mobile Convergence (FMC).

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan perusahaan saat ini sedang mengonsolidasikanbisnis data center demi menjawab tantangan transformasi digital ke depan. 

Regional data center merupakan kelanjutan dari strategi konsolidasi data center sekaligus menangkap peluang menjadi pemain data center global.

“Singtel dengan kekuatan dan pengalamannya menjadi salah satu mitra strategis dan tepat bagi Telkom dalam mengembangkan bisnis data center regional ini,” Kata Ririek.

Sementara itu CEO Singtel Group Mr. Yuen Kuan Moon mengatakan seiring dengan pesatnya digitalisasi bisnis, dan dengan meningkatnya penggunaan IoT, artificial intelligence, dan 5G di seluruh regional, permintaan akan data center berkualitas tinggi terus meningkat.

“Kemitraan ini merupakan langkah penting bagi pengembangan strategi data center kami melalui aset terbaik, kompetensi, dan network yang dimiliki oleh dua perusahaan pemimpin pasar data center di Indonesia dan Singapura,” Ucapnya.

Sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN, Indonesia kata dia merupakan pangsa pasar strategis dari bisnis data center yang dapat memperluas footprint platform Singtel di tiga lokasi dengan pertumbuhan tercepat di kawasan yakni Indonesia, Singapura, dan Thailand. 

Kami berharap dapat memperluas kerjasama jangka panjang dengan TelkomGroup untuk mengkapitalisasikan tren yang menguntungkan dan peluang pasar yang luar biasa,”pungkasnya.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan