Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kepala Perpusnas: Tranformasi Digitalisasi Perpustakaan Suatu Keharusan

Kepala Perpusnas: Tranformasi Digitalisasi Perpustakaan Suatu Keharusan Kredit Foto: Perpusnas RI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengatakan urgensi dari transformasi terkait dengan membangun ekosistem digital nasional. Salah satunya membangun jaringan.

"Kami mengumpulkan informasi yang berserakan di masyarakat. Karena di seluruh dunia, ini merupakan tugas dari pustakawan. Kemudian di diseminasi dan dikemas ulang dalam bentuk informasi jadi, sehingga memudahkan para pengguna dalam memanfaatkannya," jelasnya dalam talk show di Antara TV bekerja sama dengan Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas bertemakan 'Transformasi Perpustakaan Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional', lewat keterangan tertulis yang diterima, Selasa, (19/4/2022). 

Baca Juga: Komisi X DPR RI Dorong Perpusnas Afirmasi Tenaga Pustakawan

Syarif mengungkapkan, di sepanjang tahun 2022 ini, Perpusnas menargetkan mininal satu juta content creator untuk tampil di kanal Youtube Perpusnas dengan memanfaatkan Perpusnas sebagai pusat informasi. "Jadi kami tidak menciptakan aplikasi khusus, tapi fokus membangun jaringan," ucapnya.

Misalnya, produk sarung atau pintu ukir Bali yang dipasarkan melalui market place Alibaba. Dijual dengan harga ratusan dolar, tapi belum ada buku cara membuatnya. Syarif menegaskan semua bisa jadi pengusaha dengan produk yang ada. Tapi bagaimana membangun ekosistem dengan produk terstruktur melalui UMKM.

Baca Juga: Resmi Ditutup, Ini Sederet Poin Penting Rekomendasi Rakornas Perpustakaan Tahun 2022

"Apa peran perpustakaan? Semua ada ilmunya. Ada buku tentang ilmu terapan yang bisa dicari melalui perpustakaan. Kemudian literasi digital, pelatihan bagi warga terdampak Covid-19 berdasarkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," beber Syarif.

Syarif membeberkan, ada enam target yang disusun Perpusnas RI dalam transformasi digital, yakni konten, olah, layanan, preservasi, dukungan, dan akses.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan