Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Home Credit Optimis Ramadan dan Idul Fitri 2022 Dongkrak Daya Beli Masyarakat

Home Credit Optimis Ramadan dan Idul Fitri 2022 Dongkrak Daya Beli Masyarakat Kredit Foto: Home Credit
Warta Ekonomi, Jakarta -

Memasuki Ramadan di tahun ketiga pandemi, tren daya beli atau konsumsi masyarakat diperkirakan akan mengalami perbaikan setelah sebelumnya sempat mengalami kelesuan pada Ramadan tahun 2020 dan 2021.

Salah satu indikasinya adalah optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi yang tetap terjaga yang ditunjukkan survei Bank Indonesia (BI) dimana Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada triwulan I/2022 sebesar 114,6, lebih tinggi daripada IKK triwulan I/2021 yang sebesar 88.

Melihat tren tersebut, Home Credit Indonesia (Home Credit), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, juga semakin optimis akan aktivitas konsumsi masyarakat yang semakin menggeliat di bulan Ramadan tahun 2022.

Di tengah optimisme dan aktivitas konsumsi masyarakat yang meningkat, Home Credit menghadirkan berbagai kemudahan dalam mendapatkan ragam barang impian dan penuhi kebutuhan usaha serta saling menginspirasi untuk berbagi kebaikan demi bisa #TemukanHariRaya bersama.

Direktur Utama Home Credit Animesh Narang mengatakan, pemulihan ekonomi yang dipicu oleh menurunnya kasus Covid-19 sekaligus meningkatnya vaksinasi terlihat dari geliat aktivitas masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

"Home Credit sendiri mengalami tren pertumbuhan yang positif di mana pada kuartal I/2022 kami berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp1,69 triliun, tumbuh 10% dibandingkan dengan Rp1,54 triliun pada kuartal I/2021," ujar Dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (20/4/2022). Baca Juga: Ramadan dan Idul Fitri Ddorong Konsumsi Domestik, Perekonomian Bakal Melaju Kencang di Kuartal III

Pencapaian tersebut, lanjut Dia, tentu diiringi dengan komitmen Home Credit untuk dapat menyalurkan pembiayaan dengan mudah, transparan, dan sesuai dengan kebutuhan serta kapasitas pelanggan.

"Tidak hanya kemudahan akses melalui aplikasi digital My Home Credit, namun tim kami yang tersebar di berbagai daerah dengan lebih dari 21ribu mitra toko, selalu ada untuk memberikan panduan dan pelayanan terbaik," paparnya.

Lebih lanjut Animesh juga menerangkan bahwa kuatnya kinerja keuangan Home Credit pada kuartal I/2022 tersebut melanjutkan kinerja pembiayaan yang bertumbuh dan sehat pada 2021 dimana perusahaan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp6,5 triliun atau meningkat sebesar 5% dibandingkan dengan Rp6,2 triliun pada 2020.

Home Credit sendiri telah melayani lebih dari 5,5 juta pelanggan (per akhir Maret 2022) di mana pembiayaan paling besar disalurkan oleh Home Credit adalah untuk pembiayaan mobile phone/smartphone dengan komposisi sebesar 63% dari total kontrak pembiayaan barang, sisanya diikuti oleh pembiayaan untuk berbagai komoditas lainnya seperti furnitur, televisi, fesyen, kulkas, aksesoris mobil dan sebagainya. 

Di samping pembiayaan barang tersebut, Home Credit turut mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui penyaluran pembiayaan modal kerja bagi para pelanggan existing yang nilainya mencapai Rp411 miliar sepanjang kuartal I/2022 atau meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan dengan Rp88 miliar pada kuartal I/2021.

Staf Ahli Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (HIPPINDO) Yongky Susilo mengatakan, situasi bisnis saat ini sudah menunjukkan perbaikan yang signifikan, bahkan mulai mengarah ke situasi sebelum pandemi Covid-19.

"Aktivitas bisnis offline seperti di pusat-pusat perbelanjaan yang sempat turun drastis pada dua tahun pertama pandemi, kini mulai memperlihatkan berbagai tanda pre-pandemic normalcy. Perbaikan tersebut cenderung semakin terakselerasi pada Ramadan 2022 dimana masyarakat biasanya akan meningkatkan konsumsinya, yang turut didorong oleh pemberian Tunjangan Hari Raya. Pertumbuhan ekonomi kuartalan umumnya akan mencapai puncak pada kuartal 2 karena adanya Ramadan dan Lebaran," jelasnya.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berbagai barang impian sesuai kebutuhannya, Home Credit juga mengadakan promo #TraktiranHebohRamadan. Dalam promo yang berlaku pada 25 Maret hingga 8 Mei 2022 tersebut, pelanggan bisa menikmati salah satu dari promo menarik berikut ini yaitu bunga 0%, gratis biaya admin atau bunga bisa 0% dengan cara membayar cicilan tepat waktu untuk menikmati gratis cicilan satu kali. 

Berbagai promo menarik itu dapat dinikmati oleh para pelanggan di toko-toko mitra terpilih yang telah bekerjasama dengan Home Credit yang daftarnya dapat diakses dalam tautan berikut ini: https://bit.ly/TraktiranHebohRamadan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: