Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Profesor Beber Poin Penting Dukung Penuh Turki atas Presidensi G20 Indonesia

Profesor Beber Poin Penting Dukung Penuh Turki atas Presidensi G20 Indonesia Kredit Foto: Instagram/Recep Tayyip Erdogan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Turki memberikan dukungan bagi suksesnya Presidensi G20 Indonesia. 

Sebagai pemegang Presidensi G20, Indonesia memang terus menjalin komunikasi dan konsultasi dengan semua negara anggota agar di tengah situasi dunia. Hal ini agar negara G20 tetap dapat bekerja dan berkontribusi bagi upaya dunia untuk pulih dari pandemi.

Baca Juga: Langit Suriah Dijaga Turki, Penerbangan Sipil dan Militer Rusia Dilarang Melintas

Demikian dikatakan Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Prof Hikmahanto Juwana, saat dihubungi di Jakarta, Minggu (24/4/2020).

Dukungan yang diberikan pemerintah Turki menurutnya menjadi poin penting karena hal itu didasarkan pada konsensus, dan bukan menjadi keputusan sebagian negara saja.

“Dukungan ini penting. Bukan keputusan sebagian negara, bahkan Indonesia saja,” katanya.

Diketahui bahwa Turki menjadi ketua di MIKTA, yaitu kemitraan inovatif yang menyatukan Meksiko, Indonesia, Republik Korea (ROK), Turki, dan Australia. Sedangkan Indonesia juga saat ini menjadi ketetuaan di G20. 

Keduanya memiliki peran strategis dalam mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi dunia. Sebagai tuan rumah, Indonesia melakukan berbagai upaya agar KTT G20 berjalan lancar dan memastikan seluruh negara hadir.

“Indonesia harus melobi Amerika Serikat dan sekutunya untuk tetap hadir dan bila mereka ingin menghukum Rusia silahkan mereka walk out. Namun tidak dengan cara memboikot atau tidak hadir,” ucapnya.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi dan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu sepakat untuk memajukan prioritas G20 dalam mengatasi pandemi, menciptakan ketahanan kesehatan global, dan mendorong transformasi digital dan transisi energi. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan