Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siap Tatap Tahun Ini Lewat Inovasi, BAF Catatkan Laba Bersih Rp473,7 Miliar di 2021

Siap Tatap Tahun Ini Lewat Inovasi, BAF Catatkan Laba Bersih Rp473,7 Miliar di 2021 Kredit Foto: BAF
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah situasi yang masih menantang, kinerja PT Bussan Auto Finance (BAF) tumbuh positif dibandingkan tahun 2020.

Highlight Kinerja BAF di 2021

Di tahun 2021, BAF telah menyalurkan pembiayaan baru dengan pertumbuhan 34% dibanding periode yang sama tahun 2020. Semua lini bisnis pembiayaan BAF (motor baru Yamaha, motor bekas berkualitas, mobil baru, BAF Dana Syariah, elektronik, gadget, dan furnitur, serta mesin pertanian) mengalami pertumbuhan yang solid.

Baca Juga: Program CSR Ramadan "BAF Caring for Children" 2022 #BerkahRamadanBersamaBAF

Peningkatan penyaluran pembiayaan baru BAF dibanding tahun sebelumnya berpengaruh terhadap pencapaian atas realisasi piutang pembiayaan. Total piutang pembiayaan (neto) di akhir Desember 2021 tercatat tumbuh 8,9%(YoY) dibanding tahun 2020. Kenaikan piutang pembiayaan ini turut berkontribusi terhadap peningkatan total aset BAF di akhir Desember 2021 menjadi sebesar Rp12 triliun atau lebih baik dibanding proyeksi.

Pendapatan BAF mengalami kenaikan sebesar 14,4% per 31 Desember 2021. Di lain sisi, BAF dapat menekan beban usaha sebesar 12,4%. BAF akhirnya dapat membukukan laba bersih sebesar Rp473,7 miliar atau tumbuh 268%, serta lebih baik dibanding target. Lynn Ramli, Presiden Direktur BAF, mengungkapkan pencapaian yang lebih baik ini menunjukkan upaya BAF dalam meningkatkan kinerja bisnis yang berdampak baik pada kinerja keuangan di tahun 2021. “Tahun 2021 adalah recovery year setelah tantangan tahun 2020, tahun pertama dampak pandemi COVID-19 yang berat. Pertumbuhan penyaluran pembiayaan BAF lebih baik di 2021, realisasi BOPO (rasio beban operasional dengan pendapatan) juga jauh lebih efisien yang salah satunya dikarenakan penerapan network strategy yang baru, serta berbagai inisiatif lain, turut berkontribusi terhadap membaiknya pencapaian laba bersih di akhir tahun 2021,” ungkapnya.

Strategi BAF di 2021 Mampu Membawa Perusahaan Mencapai Kinerja yang Solid

Baca Juga: Warta Ekonomi Gelar Indonesia Sharia Finance Awards 2022, Apresiasi Pelaku Keuangan Syariah

Upaya untuk mengoptimalkan kontribusi lini bisnis pembiayaan BAF terus dilakukan di tahun 2021. Di lini pembiayaan motor baru Yamaha, penguatan kerja sama secara terus menerus dilakukan antara Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dealer, dan BAF dengan memanfaatkan sistem Information Technology (IT) yang telah terintegrasi dan peningkatan akuisisi melalui sales channel alternatif. Untuk mendukung lini bisnis pembiayaan motor bekas berkualitas, BAF melakukan ekspansi kerja sama dengan dealer motor baru untuk membuka dealer motor bekas pada wilayah yang memiliki potensi besar, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Perluasan jaringan layanan pembiayaan mobil juga terus dijalankan untuk meningkatkan volume penyaluran pembiayaan kepada masyarakat luas sekaligus memperluas jangkauan (coverage area) serta pengembangan Point of Sales dengan memanfaatkan keberadaan kantor-kantor jaringan yang ada juga telah dilakukan di beberapa kota.

Dalam rangka mendukung pertumbuhan produk BAF Dana Syariah, berbagai program dijalankan. Salah satunya yaitu program DASYAT (Dana Syariah Tercepat) khusus untuk konsumen BAF yang baru lunas dengan kualitas baik untuk mendapat penawaran BAF Dana Syariah dengan proses yang cepat. BAF juga fokus melakukan proses perekrutan dan maintenance Agen Xtra BAF dengan mengimplementasikan Agency Management System (AMS).

Baca Juga: Penelitian Kaspersky: 67% Pengguna E-Finance Percaya UMKM Harus Pakai Pembayaran Digital

Di lini bisnis pembiayaan elektronik, gadget, dan furnitur, BAF fokus dalam menambah channel akusisi dengan menggunakan aplikasi digital di toko-toko rekanan. Hal ini agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen tanpa ketergantungan terhadap kehadiran sales agent. Untuk mendukung pembiayaan mesin pertanian, dengan model berbasis Business to Business (B2B) BAF terus melakukan perluasan area operasional ke daerah-daerah yang memiliki potensi tinggi di bidang perkebunan.

Upaya digitalisasi untuk mendukung operasional bisnis juga terus dilakukan di 2021. BAF memastikan portofolio terjaga dengan baik dengan mengembangkan Collection Management System (CMS) untuk proses penanganan collection yang lebih efektif serta memaksimalkan pemantauan atas aktivitas penagihan dengan Mobile Collection System (MCS)

Strategi dan Proyeksi BAF di 2022

BAF akan mengakselerasi penjualan di lini bisnis pembiayaan motor baru Yamaha, serta mengoptimalkan kontribusi lini bisnis pembiayaan non-Yamaha seperti BAF Dana Syariah, pembiayaan mobil, pembiayaan elektronik, gadget, dan furniture. Hal ini dilakukan melalui peningkatan daya saing BAF untuk mendapatkan pembiayaan baru yang berkualitas, serta meningkatkan kontribusi repeat order (RO) dari konsumen BAF. Segmentasi produk/pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen juga terus dilakukan untuk memperkuat portfolio strategy sebagai one stop financial services dengan suguhan ragam produk pembiayaan untuk berbagai kebutuhan, termasuk dengan adanya dua produk baru yaitu BAF PraDana dan BAF AdiDana.

Baca Juga: Pembiayaan Karyawan, Equity Finance Gandeng Vinilon

Menyikapi peran teknologi dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, BAF akan terus melanjutkan dan mempercepat proses digitalisasi. BAF akan mengakselerasi digital activation meliputi digital process, digital marketing, dan digital business dalam mendukung proses operasional, proses akuisisi, dan monitoring guna meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan penjualan perusahaan. Berbagai strategi lain juga telah disiapkan untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan aspek manajemen risiko, serta pengawasan internal BAF.

Secara keseluruhan, proyeksi kinerja keuangan di tahun 2022 ditargetkan tumbuh jauh lebih baik dibanding pencapaian tahun 2021. Sebagai gambaran, proyeksi nilai penyaluran pembiayaan ditargetkan dapat tumbuh lebih dari 20%. Proyeksi pertumbuhan tersebut juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan laba usaha di 2022.

Dengan ragam produk dan keunggulan produk yang dimiliki BAF, strategi marketing yang tepat sasaran, strategi pengembangan kerja sama yang semakin kuat, dan didukung dengan digitalisasi yang masif, BAF dapat mencapai proyeksi pertumbuhan yang berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: TAF Raih Digital Finance Brand Award 2022

“Selaras dengan kondisi pandemi yang semakin membaik, pertumbuhan bisnis BAF diharapkan mampu berkontribusi secara positif dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” ungkapnya.

Highlight Kinerja BAF di Q1 2022

Hingga kuartal I 2022, total penyaluran pembiayaan meningkat 25% dibanding kuartal I 2021. Di tahun 2022, BAF mulai memasarkan produk baru yaitu BAF AdiDana yang dapat memenuhi semua kebutuhan BAF Friends menggunakan agunan rumah tinggal atau ruko, dan diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat wirausaha di Indonesia, sementara produk BAF PraDana yang merupakan produk pembiayaan tanpa agunan dan dapat diajukan melalui BAF Mobile. Produk ini diluncurkan dengan harapan BAF dapat berkontribusi terhadap pembiayaan mikro untuk keperluan produktif masyarakat.

Tahun 2022 juga merupakan tahun yang spesial bagi BAF. Tepat pada 24 September 2022 mendatang, BAF genap 25 tahun berkarya di industri pembiayaan di Indonesia. Serangkaian acara untuk menyambut HUT BAF ke-25 juga telah dilakukan sejak kuartal I 2022 diantaranya rangkaian financial fitness program seperti webinar literasi keuangan bertema Fit for Growth yang diikuti ribuan BAF Friends (konsumen BAF) dan BAFers (karyawan BAF). Pada kuartal II, BAF menggelar program Semarak Berkah Ramadan dengan menawarkan beragam promo produk pembiayaan motor baru Yamaha, motor bekas berkualitas, mobil baru, elektronik, gadget, dan furnitur, pembiayaan berbasis syariah BAF PraDana dan BAF Dana Syariah, serta BAF AdiDana selama periode 1 April – 3 Mei 2022. Selanjutnya, menyusul gelaran social fitness program yakni CSR Ramadan BAF Caring for Children di bulan April dan gerakan penghijauan BAF ECO Move di bulan Mei. Program BAF 25th Anniversary selanjutnya ini akan diikuti dengan emotional fitness program dan berpuncak dengan physical fitness program di bulan ulang tahun September 2022.

Baca Juga: Pembiayaan Melesat 136%, CIMB Niaga Finance Optimis Kinerja Jauh Bakal Melaju Kencang Tahun Ini

“Perayaan HUT ke-25 BAF tahun ini merupakan momentum yang tepat bagi kami untuk mempertegas eksistensi BAF sebagai penyedia solusi keuangan bagi masyarakat, sehingga BAF dapat terus tumbuh dan berkembang bersama dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat”, tutup Lynn.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: