Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yakin Ukraina Bakal Menang Lawan Rusia, Amerika Beri Bantuan Militer Rp4,6 Triliun

Yakin Ukraina Bakal Menang Lawan Rusia, Amerika Beri Bantuan Militer Rp4,6 Triliun Kredit Foto: Reuters/Tom Brenner
Warta Ekonomi, Washington -

Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin menyebutkan, Ukraina dapat menang melawan Rusia dengan peralatan dan dukungan yang tepat.

“Langkah pertama untuk menang adalah percaya bahwa Anda bisa menang. Jadi mereka percaya bisa menang,” kata Austin dalam jumpa pers di perbatasan Polandia-Ukraina usai kunjungan ke Kiev, 25 April 2022 waktu setempat.

Baca Juga: Ngeri! Rusia Kuak Plot Pembunuhan Ukraina terhadap Host TV Milik Negara

“Kami yakin mereka bisa menang. Mereka bisa menang jika mereka memiliki peralatan yang tepat, dukungan yang tepat. Dan kami akan melakukan semua yang kami bisa, terus melakukan semua yang kami miliki untuk memastikan bahwa mereka mendapatkannya,” imbuhnya, dilansir Aljazeera.

Menhan AS dan Menteri Luar Negeri (Menlu AS) Antony Blinken melakukan perjalanan ke Polandia, Sabtu (24/4). Kemudian, melalui jalan darat, mereka masuk ke Ukraina, Minggu. Di sana, mereka bertemu dengan Presiden Volodomyr Zelensky dan pejabat tinggi Ukraina lainnya.

Dari hasil kunjungan itu, Blinken mengatakan kepada jurnalis, Rusia gagal dalam tujuan perangnya di Ukraina. “Kami melihat bahwa dalam hal tujuan perang Rusia, Rusia gagal. Ukraina berhasil. Rusia telah berusaha sebagai tujuan utamanya untuk sepenuhnya menaklukkan Ukraina, untuk mengambil kedaulatannya, untuk mengambil kemerdekaannya. Itu gagal,” kata Blinken.

“Rusia berusaha untuk menegaskan kekuatan militer dan ekonominya. Kami, tentu saja, melihat yang sebaliknya. Militer yang kinerjanya sangat buruk, ekonominya terpukul akibat sanksi,” ujarnya.

Kunjungan kedua pejabat tinggi AS itu sangat diharapkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dalam pertemuan itu, AS akan memberikan negara itu bantuan militer total 322 juta dolar AS (Rp 4,6 triliun) dan mengembalikan diplomat AS ke Ukraina. Tak hanya itu, menurut Austin, Presiden Joe Biden juga menyetujui bantuan amunisi senilai 165 juta dolar AS (Rp 2,4 triliun).

Baca Juga: Setelah 2 Bulan Disuguhi Drama, Akhirnya Istri Ferdy Sambo Resmi Ditahan: Tuduhan Pemerkosaan Hanya Fiktif Belaka?

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: