Keberadaan internet menjadi tonggak kejayaan teknologi digital yang tak lagi menjadi pilihan tapi menjadi keharusan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan individu maupun bisnis.
Dalam perkembangan teknologi digital yang semakin canggih, sebuah komunitas dapat dengan mudah ditemukan baik melalui media sosial maupun website.
Komunitas merupakan kumpulan dari anggotanya yang memiliki rasa saling terikat antara satu dan lainnya, dan percaya bahwa kebutuhan anggota akan terpenuhi jika mereka bekerja sama secara terus menerus.
Bergabung dalam komunitas bisnis digital dapat memudahkan bisnis, menambah relasi, paham akan ilmu dasar, dapat saling bertukar pikiran, dan dapat memperluas jaringan bisnis.
Peran komunitas dalam digital bisnis tidak hanya memfasilitasi pertumbuhan, namun juga dapat menjadi sumber umpan balik yang paling berharga dan jujur bagi bisnis.
Demikian kesimpulan dalam diskusi webinar Ngobrol Bareng Legislator yang diselenggarakan oleh Kominfo dan DPR RI, dengan tema “Peran Komunitas dalam Bisnis Digital”, yang diadakan di Jakarta, pada Selasa (26/4).
Komunitas memiliki peran besar untuk perkembangan UMKM, komunitas tersebut biasanya sebagai wadah atau platform online yang dapat dengan mudah kita bergabung.
"Melalui komunitas kita bisa memperkenalkan produk bisnis kita secara lebih luas dan saling memberi dukungan kepada sesama pelaku usaha". Ucap Siti Maidina sebagai Spesial Preneur
Komisi I DPR RI, Slamet Ariyadi menjelaskan ciri-ciri komunitas ialah terdapatnya motivasi, terdapat pembagian tugas dalam penyelesaian suatu masalah, adanya interaksi, terbentuknya aturan atau regulasi kepentingan bersama, dan terdapatnya pergerakan yang dinamis.
"Oleh karena itu peran komunitas bagi bisnis digital sangat penting, karena komunitas dapat berfungsi sebagai platform untuk memproduksikan layanan bisnis, bisnis semakin kuat, dan komunitas akan membangun hubungan sosial yang positif". Ujarnya (26/4).
Pada kesempatan yang sama, Siti Maidina juga memaparkan hal-hal yang perlu disiapkan dalam bisnis digital ialah dengan belajar bisnis digital, mengenali peluang bisnis, melakukan survei kebutuhan dan kemampuan konsumen, mengatur strategi yang tepat, serta dengan mengoptimalkan teknologi digital.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: