Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Transaksi Fintech yang Aman, AFPI Resmi Gandeng TekenAja!

Tingkatkan Transaksi Fintech yang Aman, AFPI Resmi Gandeng TekenAja! Kredit Foto: TekenAja!
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jasa keuangan digital semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, salah satunya yaitu Fintech (financial technology). Namun yang masih menjadi isu adalah tidak sedikit masyarakat masih terjebak dengan Fintech ilegal. Hal ini mengakibatkan masyarakat khawatir dan berkurangnya kepercayaan kepada industri ini.

Untuk melindungi masyarakat dari transaksi pinjaman online ilegal, TekenAja! resmi bekerja sama dengan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) sebagai anggota pendukung untuk menyediakan infrastruktur dan wkosistem yang aman, nyaman dan efisien bagi para pengguna industri fintech khusus pendanaan.

Melansir dari siaran resminya, Selasa (26/4/2022) kerja sama ini terjalin karena AFPI dan TekenAja! memiliki tujuan yang sama untuk menciptakan transaksi jasa keuangan digital yang aman dan terpercaya. 

Baca Juga: Menangkan Ajang Bergengsi, OVO Raih Penghargaan 'Fintech Start-Up of the Year'

"Kami berharap dengan mengimplementasikan tanda tangan elektronik dan e-meterai dari TékenAja! perusahaan-perusahaan Fintech yang terdaftar di AFPI dapat memberikan konsumen rasa aman dan nyaman sehingga dapat lebih berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Hal ini dimungkinkan karena TekenAja! merupakan partner yang sangat terpercaya dan telah berinduk kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi," ujar Kuseryansyah, Direktur Eksekutif AFPI.

Untuk diketahui, TekenAja! adalah perusahaan rintisan di bawah naungan GDP Venture yang menyediakan layanan Tanda Tangan Elektronik pertama di Indonesia dengan status 'Berinduk' ke Kementerian Komunikasi dan Informasi. 

"Berkolaborasi dengan AFPI, merupakan salah satu solusi dari kami agar industri Fintech dapat terus berkembang dan dipercaya oleh masyarakat maupun pemerintah Indonesia karena transaksi lebih aman, efisien dan nyaman. Dengan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Fintech, tentunya inklusi keuangan di Indonesia akan terus meningkat. Inilah yang menjadi tujuan kami," kata Benny Sudrata, Direktur TekenAja!

Rionald A. Soerjanto, Chief Operating Officer TekenAja! menambahkan, "TekenAja! menyediakan layanan tanda tangan elektronik yang terintegrasi dengan e-Meterai dan perusahaan kami merupakan PSrE pertama yang 'berinduk' kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi, yang artinya mempunyai kekuatan hukum yang sah sesuai dengan Peraturan Pemerintah no. 71 tahun 2019."

Baca Juga: JCB Perluas Jaringan Kemitraan dengan Fintech di Indonesia

Rionald menambahkan bahwa kolaborasi ini tentunya menjadi salah satu komitmen dari TekenAja! untuk berkontribusi dalam mewujudkan digitalisasi terutama dalam layanan keuangan elektronik yang aman, nyaman dan efisien. Kedepannya, TekenAja! akan terus membantu sektor industri lainnya agar dapat tercipta transaksi yang aman, efisien, dan terpercaya. 

"Tingkat otentikasi yang digunakan oleh TekenAja! diakui di seluruh dunia sebagai otentikasi level 4 sebagai tolak ukur tingkat kepercayaan tertinggi, yang menggunakan 2 FA (Factor Authentications), yang pertama adalah What you have, yaitu data demografis dari database ID nasional (database e-KTP), dan yang kedua adalah What you are, yang diverifikasi menggunakan teknologi face recognition biometric," lanjut Rionald kembali.

Ia juga menyebutkan saat ini, TekenAja! juga telah mengembangkan teknologi yang memanfaatkan data kependudukan DUKCAPIL untuk otentikasi biometrik dan verifikasi data demografis yang akurat, berguna dan bernilai tambah di berbagai sektor bisnis baik swasta maupun pemerintah.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan