Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadapi Perubahan Iklim, Jokowi Bersama Menteri PUPR Siapkan Mitigasi Bencana Alam, Simak!

Hadapi Perubahan Iklim, Jokowi Bersama Menteri PUPR Siapkan Mitigasi Bencana Alam, Simak! Kredit Foto: PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengatakan air masih menjadi barang mewah bagi sebagian orang sehingga krisis air masih menjadi tantangan global. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di berbagai sektor dengan mengembangkan infrastruktur yang berkualitas dalam rangka penanganan dampak perubahan iklim.

“Pencapaian SDGs perlu dipercepat untuk mengatasi krisis air, perubahan iklim, dan memastikan pembangunan hijau,” kata Presiden dalam sambutannya yang ditayangkan secara virtual pada Asia-Pacific Water Summit 2022 di Jepang beberapa hari lalu, yang tertulis dari rilis Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rabu, (27/4/2022).

Baca Juga: Jokowi Tinjau Formula E Bareng Anies Baswedan, Nasdem: Dia Ingin Memberi Sinyal Buat...

Menurut Presiden, Indonesia menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan bencana air akibat badai siklon tropis dan hujan konvektif yang sebelumnya jarang terjadi. Presiden Jokowi menegaskan diperlukan langkah nyata untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Bulan lalu Indonesia berhasil mendorong disahkannya resolusi pengelolaan danau berkelanjutan di Majelis Lingkungan Hidup PBB. Resolusi tersebut mengintegrasikan pengelolaan kebijakan danau ke dalam rencana pembangunan nasional, regional maupun global,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengapresiasi Deklarasi Kumamoto yang diinisiasi oleh Perdana Menteri Kishida untuk percepatan langkah aksi bersama di sektor air.

Baca Juga: Waduh Waduh, Jokowi Didesak Pecat Mahfud MD Gegara Ini

“Saya berharap deklarasi ini memberikan dampak signifikan dalam mewujudkan masa depan yang lebih hijau, resilient, dan berkelanjutan. Kami juga menyambut Saudara sekalian dalam KTT G20 pada Oktober 2022 dan World Water Forum 2024 di Bali,” kata Presiden.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan