Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Vaksinasi Covid-19 Dapat Mendorong Pemulihan Perekonomian Domestik

OJK: Vaksinasi Covid-19 Dapat Mendorong Pemulihan Perekonomian Domestik Kredit Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan program vaksinasi Covid-19 dapat membantu dalam pemulihan perekonomian. OJK menilai transmisi dari beberapa sentimen negatif yaitu, pasca Covid-19 Ukraina-Rusia, sempat adanya kenaikan harga komoditas dan peraturan pelarangan ekspor bahan baku komoditas tersebut, terhadap perekonomian domestik melalui jalur sektor keuangan, sektor perdagangan, dan harga komoditas relatif masih aman terkendali.

“Indikator perekonomian domestik terus menunjukkan pemulihan sejalan penurunan jumlah kasus Covid-19 serta vaksinasi dan pergerakan prokes yang terus berjalan menjelang mudik lebaran,” ujar Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam siaran pers, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: OJK: Ketegangan Geopolitik Belum Pengaruhi Perekonomian RI

OJK menilai bahwa stabilitas sektor jasa keuangan masih dalam kondisi terjaga, di tengah ketidakpastian di pasar keuangan global. Berlanjutnya dari beberapa sentimen negatif global. 

Sepanjang periode 22 April 2022 data catatan OJK di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Pasar saham Indonesia masih menguat sampai dengan , Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah menguat 2,2% month to date (mtd) dan kembali mencatatkan all time high pada level 7.276,19 (21/4). 

Penguatan ini juga diikuti dengan net buy non-residen di pasar saham dengan nilai mencapai Rp14,73 triliun mtd. Sementara itu, di pasar Surat Berharga Negara non residen mencatatkan outflow sebesar Rp5,74 triliun sehingga turut mendorong peningkatan rerata yield 14,5 bps.

Penghimpunan dana di pasar modal melalui Penawaran Umum Saham, Obligasi dan Sukuk hingga 26 April 2022 telah mencapai nilai Rp85,0 triliun, dengan penambahan emiten baru sebanyak 20 emiten. Hal ini menunjukkan optimisme investor domestik maupun global atas perekonomian domestik yang terus pulih.

Baca Juga: OJK Ungkap Sektor Jasa Keuangan Masih Stabil di Triwulan I 2022

Fungsi intermediasi perbankan pada bulan Maret 2022 kembali mencatatkan tren positif dengan pertumbuhan kredit sebesar 6,67% yoy (1,75% mtm) dengan seluruh kategori debitur mencatatkan kenaikan, terutama Unit Mikro Usaha Menegah (UMKM) dan rite.

Halaman:

Penulis: Ratih Widihastuti Ayu
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan