Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Duh Ngeri Banget! Kenaikan Harga Tiket Pesawat hingga Minyak Goreng Bisa Bikin Inflasi Menggila!

Duh Ngeri Banget! Kenaikan Harga Tiket Pesawat hingga Minyak Goreng Bisa Bikin Inflasi Menggila! Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kenaikan harga minyak goreng dan tiket pesawat pada minggu ketiga di bulan April, menurut Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, bisa mendorong inflasi Maluku pada April 2022.

"Posisi komoditas minyak goreng sejak bulan Maret sudah mulai naik, dan dampaknya hingga sekarang masih menjadi pendorong terjadinya inflasi di bulan April. Namun berapa besarnya kita belum bisa tentukan, nanti kita tunggu hasil dari Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Bakti Artanta, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Hingga Harga BBM Penekan Inflasi April

Tidak hanya minyak goreng, ia mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat juga turut mempengaruhi pemicu inflasi di bulan April. 

Ia mengatakan, harga tiket pesawat itu mulai perlahan naik sejak Maret 2022, karena pemerintah mulai melonggarkan syarat untuk berpergian di masa pandemi COVID-19.

Namun demikian, ia mengatakan harga tiket pesawat sempat turun pada minggu pertama dan kedua April karena awal bulan Ramadhan orang cenderung lebih sedikit berpergian. Setelah pemerintah pada tahun ini memberi kemudahan masyarakat untuk mudik Lebaran, harga tiket pesawat naik lagi karena meningkatkan permintaan.

"Sekarang ini mulai dari minggu ketiga harga tiket naik lagi, kita sadari kebutuhan mobilitas dengan dibukanya kesempatan untuk mudik maka naiklah harga tiket lagi, karena memang ini bisnis," ujarnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan