Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkes Terima Laporan Beberapa Daerah tentang Kasus Hepatitis Akut

Kemenkes Terima Laporan Beberapa Daerah tentang Kasus Hepatitis Akut Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Kesehatan menegaskan, sejauh ini baru ada 3 kasus kematian hepatitis misterius yang dilaporkan dan terjadi pada anak-anak.

Ternyata, saat ini sejumlah daerah dan juga Jakarta kembali melaporkan munculnya kasus dengan gejala mirip hepatitis akut. Akan tetapi, kasus baru tersebut belum terkonfirmasi.

Ahli Spesialis Anak dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Hanifah Oswari mengatakan pihaknya menerima beberapa laporan pasien anak yang mengalami hal serupa. Akan tetapi semua itu masih perlu diinvestigasi lebih lanjut.

“Pada saat ini memang sudah ada laporan-laporan ada penambahan kasus dari Jakarta, dari luar Jakarta juga ada. Tetapi sifatnya masih dugaan,” katanya kepada wartawan dalam konferensi pers bersama Kementerian Kesehatan, Kamis (5/5).

“Tapi masih investigasi apakah benar hepatitis akut, atau bukan. Masih diinvestigasi lebih lanjut,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. Nadia membenarkan memang saat ini ada laporan penambahan jumlah kasus.

“Ada laporan penambahan jumlah kasus tapi ini belum konfirm,” jelasnya.

Menurut Nadia, kasus-kasus suspek itu masih harus dilakukan pemeriksaan lanjutan melalui genome sequencing. Sehingga akan diketahui secara pasti apakah benar bukan hepatitis A hingga E.

“Masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan juga penanganan hepatitis akut berat sudah kami siapkan seperti di RSPI Sulianti Saroso dan juga laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI),” jelasnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan