Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Naik Empat Kali Lipat, Pelindo Layani Satu Juta Pemudik

Naik Empat Kali Lipat, Pelindo Layani Satu Juta Pemudik Kredit Foto: Pelindo III
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mencatat lebih dari satu juta orang melakukan perjalanan melalui sejumlah terminal penumpang yang dikelola Perseroan pada periode H-15 hingga H+6 Hari Raya Idul Fitri 1443H .

Angka ini meningkat hampir empat kali lipat dari periode yang sama pada tahun 2021 yakni sebanyak 261.893 orang.  

“Kami mencatat bahwa arus mudik tertinggi terjadi pada H-3 atau 29 April 2022 dengan jumlah arus penumpang sebanyak 72.630 orang. Sedangkan arus balik tertinggi sementara pada H+4 atau 6 Mei 2022 yakni 56.880 orang,” ujar Group Head Sekretariat Perusahaan Ali Mulyono di Jakarta, Selasa (10/5).  

Adapun lima pelabuhan dominan yang dilewati para pemudik antara lain adalah Pelabuhan Tanjung Pinang dengan arus penumpang 117.283 orang. Berikutnya Pelabuhan Tanjung Perak dengan 86.519 orang, Pelabuhan Tanjung Balai Karimun 64.110 orang, Pelabuhan Makassar 47.201 orang, dan Pelabuhan Balikpapan 41.717 orang.  

“Kami mendukung program pemerintah melalui 59 terminal penumpang eksisting yang dikelola Pelindo, termasuk menjadikan Pelabuhan Ciwandan, Banten dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebagai pelabuhan alternatif untuk aktivitas mudik guna mengurai kepadatan jalur penyeberangan Merak-Bakaheuni. Tentunya kami siap jika di tahun depan hal ini diperlukan kembali,” tambah Ali.  

Dalam mengantisipasi kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran, selain fasilitas tambatan, Pelindo juga telah menyiapkan petugas pelayanan dan keamanan dengan pola 24/7.

Baca Juga: Polisi Klaim Kecelakaan Mudik Tahun Ini Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Selain itu fasilitas terminal yang mendukung kenyamanan para penumpang, area parkir kendaraan, tenda - tenda tempat istirahat, mushola, toilet, ruang laktasi, dan lainnya.  

 “Kami juga melakukan peningkatan koordinasi dengan instansi kepelabuhanan terkait pemeriksaan persyaratan perjalanan penumpang, peningkatan informasi terkait jadwal kapal pada calon penumpang,"pungkasnya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel: