Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berbulan-bulan Tenang, Belarusia Akhirnya Tunjukkan Wajah Asli, Ukraina Bisa Gawat!

Berbulan-bulan Tenang, Belarusia Akhirnya Tunjukkan Wajah Asli, Ukraina Bisa Gawat! Kredit Foto: Reuters/Vasily Fedosenko
Warta Ekonomi, Minsk -

Setelah berbulan-bulan mengaku tidak akan menerjunkan militernya untuk membantu invasi Rusia, Belarus akhirnya menunjukkan wajah aslinya.

Sekutu terdekat Rusia itu berencana mengirimkan pasukan operasi khusus ke tiga daerah dekat perbatasan dengan Ukraina di bagian selatan, kata angkatan bersenjata Belarus, Selasa.

Baca Juga: Amerika: 8 sampai 10 Jenderal Rusia Tewas di Tangan Ukraina

Pada Maret lalu, Belarus mengatakan angkatan bersenjatanya tidak akan ambil bagian dalam invasi yang disebut Moskow sebagai "operasi khusus" di Ukraina.

Namun, negara pecahan Uni Soviet itu bertindak sebagai landasan peluncuran bagi Rusia saat Moskow mengirimkan ribuan tentara ke perbatasan dengan Ukraina pada 24 Februari.

Pemerintah Belarus di Ibu Kota Minsk sudah berbulan-bulan mengeluhkan peningkatan kekuatan tentara negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dekat perbatasannya.

Sebagai tanggapan atas pergerakan tersebut, Belarus juga sedang meningkatkan jumlah dan intensitas latihan militer.

"Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya terus meningkatkan keberadaan militer mereka di negara-negara yang berbatasan dengan Republik Belarus," kata panglima militer Belarus Viktor Gulevich.

"Pengelompokan itu berkekuatan lebih dari dua kali lipat dalam enam bulan terakhir ini, baik secara kuantitas maupun kualitas."

Belarus juga menerjunkan unit-unit pertahanan udara, artileri, dan peluru kendali untuk melakukan latihan di kawasan barat, kata Gulevich.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan JPNN.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua