Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

DANA Catat Kinerja Positif pada Kuartal I/2022, Tembus 9 Juta Transaksi per Hari

DANA Catat Kinerja Positif pada Kuartal I/2022, Tembus 9 Juta Transaksi per Hari Kredit Foto: DANA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dompet digital DANA mencetak kinerja positif pada kuartal I/2022. Pada periode ini, DANA mencatat peningkatan transaksi harian sebesar 26% menjadi 9 juta transaksi per hari dibandingkan dengan Desember 2021.

Pertumbuhan jumlah transaksi juga terjadi pada fitur Kirim Uang antar sesama pengguna DANA dengan kenaikan mencapai lebih dari 47%, sementara penggunaan QR juga meningkat hingga 41%.

"Peningkatan yang positif dalam beberapa fitur DANA mengindikasikan makin familiarnya masyarakat akan pentingnya pemanfaatan dompet digital DANA," kata Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Tips Kelola Dana THR Melalui Investasi Reksa Dana

Fitur lain yang mengalami pertumbuhan adalah DANA Kaget yang semakin digemari pengguna, khususnya di momen Ramadan dan Hari Raya. Transaksi fitur DANA Kaget meningkat sebesar 46% di kuartal I/2022 dibandingkan kuartal IV/2021.

DANA Kaget sendiri merupakan fitur yang menawarkan kesempatan bagi pengguna untuk membagikan saldo miliknya kepada pengguna DANA yang lain dengan jumlah nominal yang dibagikan sesuai dengan ketentuan si pembagi dana. Pengguna cukup mengatur jumlah nominal dan penerima yang diinginkan, lalu menyebarkan tautan DANA Kaget. Pengguna lainnya bisa berlomba-lomba untuk mendapatkan saldo DANA lewat tautan DANA Kaget.

Kinerja positif lainnya terlihat pada pada pembelian proteksi ponsel (phone protection) yang tersedia dalam setiap pembelian pulsa melalui dompet digital DANA. Jumlah transaksi untuk perlindungan ini mengalami peningkatan signifikan hingga lebih dari 123% bila dibandingkan dengan kuartal IV/2021.

Baca Juga: Gencar Buka Pabrik, Laba CLEO Naik 36,1% Sepanjang 2021

Selain upaya dari pihak internal, performa DANA juga didorong oleh peningkatan konsumen digital di Indonesia. Merujuk pada data yang dihimpun e-Conomy SEA 2021 (Google, Temasek, Bain & Company), ada 21 juta konsumen digital baru selama pandemi 2020 dan paruh pertama 2021. Sebanyak 72% dari konsumen baru ini berasal dari area non-metropolitan, yang secara positif menunjukkan peningkatan penetrasi digital di pasar terbesar Indonesia.

Di sisi lain, Bank Indonesia mencatat transaksi uang elektronik yang terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Pada Februari 2022, nilai transaksi uang elektronik (UE) tumbuh 41,35% (yoy) mencapai 27,1 triliun rupiah. Pertumbuhan ini direspons sebagai potensi besar bagi DANA untuk terus mengembangkan ekosistemnya.

"Adanya pertumbuhan dalam ekosistem DANA membuat kami lebih percaya diri untuk terus mengembangkan dan menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Kami harap pertumbuhan ini membuktikan peran dompet digital yang secara konsisten berkontribusi aktif dalam percepatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia," tutup Rangga Wiseno.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan