Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendengar Sanjungan Presiden Yoon Suk-yeol atas Safari Politik Megawati

Mendengar Sanjungan Presiden Yoon Suk-yeol atas Safari Politik Megawati Kredit Foto: Reuters/Yonhap
Warta Ekonomi, Seoul -

Korea Selatan (Korsel) memberikan apresiasi kepada Presiden ke 5 Indonesia Megawati Soekarnoputri. Ketua Umum PDIP ini diberikan penghargaan dan jamuan khusus di Istana Kepresidenan di Seoul atas kontribusinya mendukung perdamaian di Semenanjung Korea.

Megawati mengunjungi Seoul untuk memenuhi undangan menghadiri upacara pelantikan Presiden Yoon Suk Yeol, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Beres dari Korea Selatan dan Siap Balik ke Indonesia, Megawati Didampingi Sosok Ini

Megawati juga mendapat anugerah gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA). Anugerah ini diberikan karena Megawati dinilai berkontribusi besar dalam perjuangan perdamaian di Semenanjung Korea.

Kemarin, Megawati mengunjungi Istana Kepresidenan Seoul. Dia didampingi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri dan Direktur Hubungan Luar Negeri DPP PDIP Hanjaya Setiawan.

Setibanya di Istana Kepresidenan, Megawati mengisi buku tamu. Mega menulis, “Semoga persahabatan antara Republik Indonesia dengan Republik Korea Selatan semakin erat selamanya. Salam hangat Megawati Soekarnoputri Presiden ke-5 Republik Indonesia”.

Setelah menuliskan buku tamu, Megawati digandeng Presiden Yoon, berfoto bareng di hadapan wartawan. Selanjutnya, keduanya berjalan bergandengan menuju ruang pertemuan. Megawati duduk di sisi kanan dan Yoon di sisi kiri.

“Suatu kehormatan bagi saya bisa bertemu dengan Ibu Megawati yang telah lama memberikan kontribusi dalam peningkatan perdamaian di Semenanjung Korea,” kata Yoon dikutip media setempat, Yonhap, kemarin.

Yoon mengatakan, Megawati telah lama menjalin silaturahmi yang sangat erat dengan Korsel. Diharapkannya, Megawati berkenan terus memberikan perhatian dan dukungan kepada negaranya.

Menurut Yoon, Korsel dan Indonesia sama-sama telah melewati perjalanan sejarah yang berliku, dan berhasil meraih demokrasi serta mencapai perkembangan ekonomi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan