Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko Airlangga Tegaskan Pentingnya Peranan Keuangan Inklusif dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Menko Airlangga Tegaskan Pentingnya Peranan Keuangan Inklusif dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto menggarisbawahi keuangan inklusif merupakan kunci pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu, pemerintah akan gencar melakukan langkah yang fokus pada prinsip keuangan inklusif.

Salah satu langkah yang akan dilakukan ialah melalui penyelenggaraan Presidensi G20 yang diharapkan mampu mengembangkan literasi dan keterampilan digital yang lebih inklusif dan produktif.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Terus Menguat di Tengah Omicron dan Gejolak Geopolitik, Berikut Paparannya

"Presidensi G20 Indonesia akan terus terbuka dan mendukung kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengimplementasikan upaya transformatif ekonomi yang adaptif, responsif, dan inklusif," kata Airlangga dalam side event Presidensi G20 yang dipantau secara virtual, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut, Menko Perekonomian itu berharap adanya kolaborasi yang inovatif pada penyelenggaraan ajang internasional ini. Koordinasi global initiative yang mendukung inklusi keuangan perlu untuk terus dipertahankan dan diperkuat. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran negara-negara anggota G20.

Baca Juga: Airlangga Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Di Jawa Barat

Dengan upaya tersebut, G20 dapat menjadi motor pengembangan ekosistem yang dapat menghasilkan aksi konkret untuk diterapkan di berbagai tempat di belahan dunia.

"Pemerintah Indonesia mengapresiasi Global Partnership for Financial Inclusion yang telah mengkoordinasikan rencana aksi inklusi keuangan sebagai pilar utama dari agenda pembangunan global yang menjadi kesepakatan seluruh negara G20," tutur dia.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan