Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

12 Ribu UMKM Bakal Ikuti Pekan Kerajinan Jawa Barat 2022

12 Ribu UMKM Bakal Ikuti Pekan Kerajinan Jawa Barat 2022 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Sebanyak 12.000 UMKM akan mengikuti Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) Tahun 2022 yang akan berlangsung selama 3 hari pada 14-16 Mei 2022 di Trans Convention Center, Kota Bandung.

UMKM unggulan Jabar tersebut terdiri dari produk kriya, fashion, craft, kuliner, kopi dan teh, serta pariwisata khas Jawa Barat. Berbagai kegiatan di antaranya display produk atau showcasing, talkshows, dan digital discussion, business matching, dan sebagainya.

Baca Juga: Beban Listrik di Jawa Barat Naik 13 persen Saat Libur Lebaran 2022, Kata PLN UID Jabar

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KpW) Jawa Barat, Herawanto menjelaskan sebagaimana pelaksanaan tahun sebelumnya, KKJ Tahun 2022 disinergikan dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2022 dengan mengusung tema "Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan" sebagai rangkaian untuk mendukung Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI) serta merupakan side event G20.

"Acara ini juga akan dimeriahkan dengan interactive booth dan fashion show yang akan menampilkan secara detail produk UMKM dan produk kreatif unggulan Jawa Barat secara interaktif," katanya kepada wartawan di Bandung, Jumat (13/5/2022)

Herawanto mengungkapkan kegiatan ini sebagai salah satu wujud peran Bank Indonesia Jawa Barat dalam pengembangan UMKM serta perluasan akses pasar produk unggulan BI Jabar (mencakup BI Bandung, BI Tasikmalaya, dan Bl Cirebon) yang bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota di Jawa Barat, Dekranasda, serta didukung oleh Komisi Xl DPR RI, OJK dan tokoh-tokoh penting lainnya. 

Baca Juga: Dongkrak Perekonomian, Wimboh Minta Kantor OJK Maluku Perkuat Sektor UMKM

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri tokoh penting di Indonesia seperti Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno; Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono; dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kegiatan ini juga sebagai upaya Bank Indonesia Jawa Barat serta Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dan Dekranasda Jawa Barat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui berbagai UMKM sektor kreatif di Jawa Barat, serta memperluas akses pasar profuk UMKM Kreatif Jawa Barat baik di pasar domestik, maupun pasar global hingga ke London, Tiongkok, Korea, Amerika, Singapura, dan Jepang. 

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan