Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Golkar, PAN, PPP Akan Gelar Pertemuan Lagi untuk Bahas Hal yang Lebih Strategis

Golkar, PAN, PPP Akan Gelar Pertemuan Lagi untuk Bahas Hal yang Lebih Strategis Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (Sekjen PAN) Eddy Soeparno mengatakan, ke depannya koalisi yang terbangun antara Golkar, PAN, PPP akan melakukan pertemuan lanjutan dalam waktu dekat. Pertemuan lanjutan dilakukan untuk membahas hal-hal yang sifatnya strategis. 

Eddy mengatakan, dalam pertemuan tiga ketua umum parpol pada Rabu (12/5/2022) malam kemarin hanya membahas soal persamaan persepsi dan pandangan terutama mengenai pola demokrasi ke depan. Menurutnya, ketiga parpol sepakat mengedepankan politik gagasan.

Baca Juga: Golkar Sebut Koalisi Indonesia Bersatu Sepakat untuk Tidak Ulangi Kesalahan Saat...

"Politik gagasan, politik konsep, politik ide. Di mana yang nantinya akan dipertarungkan itu adalah gagasan, konsep, ide. Bukan identitas, bukan masalah-masalah primordial, bukan hal-hal yang sifatnya justu akan bermuara pada polarisasi di masyarakat dan pembelahan yang lebih dalam terhadap anak bangsa," kata Eddy saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).

Eddy mengatakan, Golkar, PAN, dan PPP ingin mencegah hal-hal tersebut terjadi. Tujuannya sebagai anak bangsa bisa merajut persatuan lebih kuat lagi. 

"Jadi pembahasan lebih pada hal itu. Belum ada pembahasan lain-lain-lain menyangkut hal yang lebih jauh daripada itu," tuturnya. 

Kendati begitu, Eddy mengatakan ke depan tidak menutupi kemungkinan hal-hal yang lebih strategis akan menjadi pembahasan ke depan. Menurutnya, dalam waktu dekat para ketum parpol akan kembali melakukan pertemuan. 

"Dalam minggu-minggu ke depan para pihak, para pimpinan partai pasti akan bertemu untuk membahas hal-hal yang sifatnya strategis yang bisa dikerjasamakan diantara kita secara produktif untuk kegiatan-kegiatan politik ke depannya. Khususnya dalam rangka untuk membina dan merekatkan persatuan di antara kita," katanya. 

Sebelumnya, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan sikap untuk bekerjasama atau berkoalisi untuk mengawal agenda politik ke depan termasuk untuk menghadapi Pemilu 2024. 

Hal itu terjadi usai ketiga ketua umum parpol tersebut melakukan pertemuan malam ini, di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022). 

Dalam konferensi pers usai pertemuan digelar tertutup, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, menjelaskan pertemuan memang dilakukan sekalian untuk bersilaturami Idulfitri. Namun dalam pertemuan ini memang untuk mendorong ketiga parpol tersebut.

"Pertemuan ini agar mendorong bahwa tiga partai ini akan bekerja bersama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri adalah beringin, matahari, dan Baitullah, jadi Ka'bah. Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tunbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT," kata Airlangga. 

Airlangga mengatakan, ketiga parpol tersebut ingin membangun budaya politik baru yang dijalankan dengan kerja sama berjenjang dan bertahap. 

Baca Juga: Sepakat Koalisi untuk Pemilu 2024, Bila Golkar Usung Airlangga Jadi Capres, PPP-PAN Disebut Akan...

Menurutnya, hal ini juga dianggap baik untuk mendukung program yang dilakukan oleh pemerintahan hari ini. 

"Dan pertemuan ini juga menimbulkan pengalaman dari partai politik, trmasuk juga PAN juga sangat berpengalaman di DPR maupun di MPR," tuturnya. 

"Sehingga kita mempunyai scope pengalaman di dalam berbagai periode, berbagai tantangan yang sudah kita hadapi. Mulai dari resesi 98, krisis moneter, 2008, sampai dengan penanganan covid dan pemulihan ekonomi," sambungnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan