Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

KAI Catat 4,39 Juta Masyarakat Gunakan Kereta Api Selama Masa Mudik 2022

KAI Catat 4,39 Juta Masyarakat Gunakan Kereta Api Selama Masa Mudik 2022 Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 4,39 juta masyarakat menggunakan layanan kereta api selama masa mudik yang terhitung mulai 22 April sampai dengan 13 Mei 2022.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan catatan tersebut merupakan penggabungan antara kereta api jarak jauh dan kereta api. KA jarak jauh dengan okupansi 95 persen perseoran melayani masyarakat hingga 2.557.130 pelanggan, sedangkan untuk KA lokal sebanyak 1.830.904 pelanggan.

Baca Juga: 91 Ribu Masyarakat Gunakan Kereta Api pada H-5 Lebaran

Jumlah tersebut mencapai 139 persen jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 3,15 juta pelanggan. 

"Jumlah tersebut juga mencapai 64 persen jika dibandingkan dengan total pelanggan pada Angkutan Lebaran sebelum pandemi, yaitu 2019, sebanyak 6,84 juta pelanggan," ujar Didiek dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (14/5/2022).

Didiek mengatakan, selama periode Angkutan Lebaran 2022, KAI mengoperasikan total 4.714 KA Jarak Jauh atau rata-rata 214 KA per hari dengan ketepatan waktu mencapai 99 persen dengan puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau Sabtu (30/4/2022) sebanyak 208.092 pelanggan. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+1 atau Rabu (4/5/2022) sebanyak 283.736 pelanggan. 

Baca Juga: Jalin Kerja Sama dengan INKA, PT KAI Tak Akan Impor KRL Lagi

Sementara itu, Rute favorit pelanggan, yaitu Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Purwokerto pp,  Jakarta - Semarang pp, Jakarta-Bandung pp, Jakarta - Surabaya pp, Bandung - Yogyakarta pp, dan lainnya. Pembelian tiket KA pada periode Angkutan Lebaran ini didominasi melalui aplikasi KAI Access sebesar 49 persen, kemudian channel eksternal 38 persen, dan lainnya.

"Banyaknya pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019 sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: