Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Konflik Geopolitik Rusia dan Ukraina, KADIN Siap Antisipasi Krisis Global

Konflik Geopolitik Rusia dan Ukraina, KADIN Siap Antisipasi Krisis Global Kredit Foto: Reuters/Zohra Bensemra
Warta Ekonomi, Jakarta -

Konflik geopolitik Rusia dan Ukraina mengakibatkan munculnya krisis global di tengah pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19. Tak hanya itu, konflik politik juga telah berimbas dan menyebabkan terjadinya krisis pangan global. 

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, bahwa ini merupakan ancaman yang lebih berat bagi dunia saat ini. Sehingga dari kelangkaan beberapa komoditas bahan pangan seperti kedelai dan gandum, berkurangnya pasokan dan produksi bahan pangan dibeberapa negara akibat kemarau panjang, ditambah lagi dengan kelangkaan pasokan minyak akibat perang, menyebabkan inflasi global - ditandai dengan kenaikan harga barang dan jasa secara umum. 

“Inflasi yang tinggi dapat melemahkan daya beli masyarakat dan dampaknya paling dirasakan oleh masyrakat yang kurang mampu dan berpotensi menyebabkan krisis sosial, dimana terjadi resiko peningkatan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial yang semakin melebar,” kata Arsjad dengan Wartaekonomi, dalam keterangan tertulis, Minggu (15/6).

Baca Juga: Sampaikan Sikap Soal Rusia Vs Ukraina di Depan Biden, Jokowi Berani Tampil di Tengah

Seperti diketahui, proteksi bahan pangan masing-masing negara sudah mulai dilakukan, tidak ada lagi slogan pro-ekspor untuk bahan pangan. Menurutnya, fenomena ini dikhawatirkan akan berdampak sistemik baik berupa krisis sosial maupun politik. 

“KADIN Indonesia akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam upaya pencegahan dan meminimalisir krisis pangan, sehingga tidak berdampak menjadi krisis sosial, yang kemudian bisa menjadi krisis politik dalam negeri,” kata Arsjad. 

Arsjad juga menambahkan pihak KADIN Indonesia akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah, terutama dalam penguatan ketahanan pangan Indonesia terutama di sektor pertanian. 

Penulis: Ratih Widihastuti Ayu
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan