Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alarm bagi Prabowo Subianto, Tokoh Terkenal Bisa Menjegal

Alarm bagi Prabowo Subianto, Tokoh Terkenal Bisa Menjegal Kredit Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto harus meningkatkan elektabilitasnya apabila ingin memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebab, beberapa tokoh terkenal berpotensi menjegal elektabilitas Prabowo. Salah satunya ialah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Berdasarkan hasil survei terbaru Indometer, elektabilitas Prabowo sebesar 22,5 persen. Menteri pertahanan itu dikuntit Ganjar yang ada di posisi kedua dengan elektabilitas 22,1 persen.

Baca Juga: Mau Saingi Anies, Ganjar dan Prabowo, Kedekatan Airlangga dan AHY Jadi Sorotan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ada di urutan ketiga setelah mendapatkan elektabilitas 12,8 persen. Direktur Eksekutif Indometer Leonard S.B menjelaskan, Prabowo dan Ganjar bersaing ketat di puncak elektabilitas capres dalam enam bulan terakhir.

"Prabowo dan Ganjar masih bersaing ketat dalam bursa capres, sedangkan Anies mengejar di belakangnya," ujar Leonard, Minggu (15/5).

Dia mengatakan elektabilitas Ganjar Pranowo terus naik sejak Juli 2020, bahkan menembus 20 persen pada September 2021. Sementara itu, Prabowo baru bisa kembali mengungguli Ganjar sejak Desember 2021.

Menurut Leonard, Prabowo memiliki elektabilitas tinggi karena dua kali mengikuti pilpres. Survei Indometer dilakukan terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi pada 20-27 April 2022.

Para responden dipilih secara acak bertingkat alias multistage random sampling. Indometer melakukan survei secara tatap muka. Margin of error survei sekitar 2,98 persen dengan kepercayaan 95 persen.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan