Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terkait Bersatunya PPP-Golkar-PAN, Rocky Gerung Sebut Koalisi Tak Boleh Sembarangan, Harus Ada Ini

Terkait Bersatunya PPP-Golkar-PAN, Rocky Gerung Sebut Koalisi Tak Boleh Sembarangan, Harus Ada Ini Kredit Foto: Instagram/Rocky Gerung
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat Politik, Rocky Gerung, ikut mengomentari pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu yang dimotori PAN, Partai Golkar dan PPP.

Rocky menilai membentuk koalisi harus ada prinsip untuk memperbaiki Indonesia. Hal itu disampaikannya saat menghadiri seminar yang digelar pada Rakernas Partai Pelita di Mercure Hotel, Ancol, Jakarta Utara, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: PM Singapura Disambut Joe Biden, Presiden Jokowi Tidak, Rocky Gerung: Semua Tahu...

"Ada pertemuan tiga orang ketua partai, lalu tiba-tiba bikin koalisi, ya koalisi apa? Koalisi itu bukan sekadar untuk membenci seseorang, hal yang boleh juga. Tapi lebih dari itu, harus ada prinsip yang diucapkan berkoalisi atas dasar kesepakatan untuk memperbaiki Indonesia," ujar Rocky.

Kata Rocky, jika memiliki satu visi untuk memperbaiki Indonesia, sedianya tiga parpol tersebut yang saat ini berada dalam kabinet Jokowi, harus keluar dari koalisi pemerintahan.

Menurut Rocky, hal tersebut merupakan sebuah etika jika ingin membentuk koalisi baru.

"Kalau itu dasarnya (memperbaiki Indonesia), (tiga parpol PAN, PPP, dan Golkar) keluar dari kekuasaan, kan etikanya begitu kan. Jadi seharusnya kita mulai mencicil kemampuan kita membaca masa depan," kata dia.

Sebelumnya, Partai Golkar, PAN dan PPP menyatakan sikap berkoalisi untuk mengawal agenda politik ke depan termasuk untuk menghadapi Pemilu 2024.

Hal itu terjadi usai ketiga ketua umum parpol tersebut melakukan pertemuan malam ini, di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Dalam konferensi pers usai pertemuan digelar tertutup, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, menjelaskan pertemuan memang dilakukan sekalian untuk bersilaturami Idulfitri. Namun dalam pertemuan ini memang untuk mendorong ketiga parpol tersebut bekerja sama.

"Pertemuan ini agar mendorong bahwa 3 partai ini akan bekerja bersama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri adalah beringin, matahari, dan Baitullah, jadi Ka'bah. Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tunbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT," kata Airlangga di lokasi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan