Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

HIPTASI Siap Dukung Percepatan Pembangunan untuk Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi

HIPTASI Siap Dukung Percepatan Pembangunan untuk Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Proyek infrastruktur besar-besaran yang sedang dikerjakan oleh pemerintah dan bisnis membutuhkan ahli konstruksi untuk bekerja keras dan bekerja cepat. Hal ini dilakukan untuk mencapai target penyelesaian proyek yang rata-rata direncanakan selesai pada tahun 2024.

Menurut Bambang Priyatmoko, Ketua Umum Pengurus Pusat Asosiasi Profesi Pekerja Konstruksi Indonesia (DPP HIPTASI), tantangan di sektor infrastruktur saat ini adalah mengembangkan tenaga kerja yang berkualitas dan bersertifikat.

Baca Juga: Waspada, Efek Krisis Global! Indonesia Bisa Masuk Krisis Ekonomi Lagi

“Seperti yang kita ketahui bersama, sektor infrastruktur merupakan salah satu sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional,”ungkap Bambang dalam keterangannya, Selasa (17/5).

Dia menjelaskan organisasi yang dipimpinnya saat ini harus mampu menjadi wadah pelatihan dan pengembangan profesional pekerja konstruksi di masa depan. Hal ini diperlukan agar anggota yang bergabung menjadi spesialis konstruksi yang andal, mandiri, profesional dan kompetitif yang bekerja dengan standar internasional.

"Sebagai asosiasi profesi yang terakreditasi HIPTASI harus mempersiapkan seluruh proses sertifikasi tersebut," jelasnya.

Adapun untuk memperkuat program kerja ke depan, HIPTASI akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) serta pelantikan DPP HIPTASI terpilih. ia menjelaskan, konferensi nasional diperlukan untuk memperkuat rencana asosiasi untuk mempercepat pembentukan lembaga akreditasi profesi (LSP).

“Selama ini kami sudah melaksanakan program pembinaan yang disyaratkan LPJK,” imbuhnya.

Sementara itu, Manlian Ronald A. Simanjuntak, Ketua Divisi V Lembaga Pengembangan Jasa Bangunan (LPJK), mendukung penuh upaya manajemen HIPTASI untuk mengoptimalkan organisasi dan mempersiapkannya menjadi manajemen profesional yang diakui. Ke depan, HIPTASI bisa menjadi bagian dari pusat manajemen di bidang konstruksi dan teknik sipil.

Baca Juga: Jokowi Diejek Gegara Temui Elon Musk, Loyalisnya Pasang Badan: Mereka Gak Ngerti!

“Makanya kami sampaikan atas nama LPJK bahwa kami mendukung penuh penguatan organisasi HIPTASI dan segera pembentukan LSP. Jadi pada konvensi nasional mendatang, dimungkinkan untuk memutuskan organisasi LSP,” kata Marlian.

Penulis: Ratih Widihastuti Ayu
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan