Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu Amerika Mulai Berkoar, Serukan Negara-negara Sekutu untuk Lakukan...

Menkeu Amerika Mulai Berkoar, Serukan Negara-negara Sekutu untuk Lakukan... Kredit Foto: Reuters/Greg Nash
Warta Ekonomi, Washington -

Menteri Keuangan Janet Yellen menyerukan sekutu Amerika Serikat untuk meningkatkan dukungan keuangan untuk Ukraina pada Selasa (17/5/2022). Dia mengatakan bahwa dana yang diumumkan sejauh ini tidak akan cukup untuk kebutuhan jangka pendek negara itu karena memerangi invasi Rusia.

"Kebutuhan pembiayaan Ukraina signifikan," kata Yellen dalam sambutannya yang disiapkan untuk disampaikan ke Forum Ekonomi Brussel, dilansir Reuters.

Baca Juga: Ada Kesepakatan Positif Antara Amerika dan ASEAN, Begini Respons China...

Dia menambahkan bahwa pemerintah negara itu terus berfungsi, karena kecerdikan dan keberanian para pejabatnya.

"Dalam bulan-bulan sampai pengumpulan pajak dapat dilanjutkan dengan cepat, Ukraina membutuhkan dana anggaran untuk membayar tentara, karyawan dan pensiunan, serta untuk mengoperasikan ekonomi yang memenuhi kebutuhan dasar warganya," kata Yellen.

"Dalam waktu singkat, itu perlu beralih ke perbaikan dan pemulihan utilitas dan layanan penting."

Sementara Ukraina pada akhirnya akan membutuhkan "dukungan besar-besaran" untuk rekonstruksi dan pemulihan pada skala Rencana Marshall pasca-Perang Dunia Kedua untuk Eropa, negara itu harus mengambil "langkah demi langkah" ini.

"Yang jelas dukungan bilateral dan multilateral yang diumumkan sejauh ini tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar Ukraina," kata Yellen.

Dengan perang menutup sebanyak setengah dari ekonomi Ukraina, negara membutuhkan pembiayaan eksternal jangka pendek sekitar $ 5 miliar per bulan untuk memenuhi kebutuhan dasar, menurut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Dana Moneter Internasional.

Uni Eropa pada hari Rabu akan mengusulkan paket pinjaman baru ke Ukraina untuk menyediakan likuiditas segera, bersama dengan komitmen untuk rekonstruksi jangka panjang.

Sementara paket jangka pendek masih didefinisikan, dua pejabat yang akrab dengan diskusi tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mengharapkannya untuk menutupi kebutuhan keuangan Ukraina selama dua bulan.

Yellen meminta sekutu untuk "bergabung dengan kami dalam meningkatkan dukungan keuangan mereka ke Ukraina" ketika Senat AS bergerak lebih dekat untuk meloloskan paket pengeluaran bantuan militer dan kemanusiaan senilai $40 miliar untuk negara yang dilanda perang itu.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan