Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

150 Karyawan Netflix AS di PHK, Mulai Bangkrut??

150 Karyawan Netflix AS di PHK, Mulai Bangkrut?? Kredit Foto: Bernadinus Adi Pramudita
Warta Ekonomi, Jakarta -

Netflix memberhentikan 150 karyawan yang sebagian besar berbasis di Amerika Serikat (AS) pada Selasa (17/5/2022). Hal tersebut dilakukan demi memotong biaya pengeluaran menyusul penurunan pelanggan.

Karyawan yang terkena dampak termasuk mereka yang memiliki jabatan senior. Ini merupakan pemutusan hubungan kerja (PHK) putaran kedua yang dilakukan perusahaan. Sebelumnya, staf penulis dan penyunting dirumahkan pada bulan lalu.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan PHK secara langsung terkait dengan perlambatan pertumbuhan pendapatan Netflix. Ini membuat perusahaan terpaksa memberhentikan karyawannya sekitar 150 orang.

"Perubahan ini terutama didorong oleh kebutuhan bisnis daripada kinerja individu. Ini sangat sulit karena tidak ada dari kita yang ingin mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja yang hebat. Kami bekerja keras untuk mendukung mereka melalui transisi yang sangat sulit ini," kata juru bicara Netflix, dikutip Engadget, Rabu (18/5/2022).

Variety melaporkan perusahaan juga telah memotong sejumlah proyek animasi yang sedang dalam pengembangan, termasuk Wings of Fire dari produser eksekutif Ava DuVernay, serial prasekolah berjudul Antiracist Baby, dan With Kind Regards From Kindergarten.

Namun, menurut sumber Variety, proyek-proyek tersebut dibatalkan karena alasan kreatif dan bukan untuk memangkas biaya.

Pada kuartal pertama 2022, Netflix melaporkan kehilangan pelanggan yang dikaitkan dengan peningkatan berbagi kata sandi, persaingan dari platform streaming lain, dan pemberhentian layanan di Rusia.

Layanan streaming sedang mencoba penambahan harga yang lebih rendah, tingkat yang didukung iklan serta memotong sejumlah proyek yang sedang dalam pengembangan. Perusahaan mengantisipasi kehilangan dua juta pelanggan lagi pada kuartal kedua tahun 2022. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan