Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sudah Ucap Kata Sepakat, Pengamat Lihat Koalisi Indonesia Bersatu Belum Mengikat

Sudah Ucap Kata Sepakat, Pengamat Lihat Koalisi Indonesia Bersatu Belum Mengikat Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima Indonesia) Ray Rangkuti memberikan pesan untuk partai Golkar, PAN, dan PPP.

Seperti diketahui, belum lama ini ketiga partai tersebut memutuskan untuk bekerja sama dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

Baca Juga: Koalisi Indonesia Bersatu Bakal Lebih Kuat jika Dua Partai Ini Bergabung

"Melihat manuver elite politik Indonesia menjelang Pilpres 2024, partai politik harus bersabar," ujar Ray kepada GenPI.co, Selasa (17/5/2022).

Menurutnya, partai-partai politik yang hendak berkompetisi dalam Pemilu 2024 tidak boleh mudah membuat kesimpulan. "Sebab, apa yang terlihat hari ini (politik, red) bisa saja berubah dengan cepat besok," terangnya.

Bahkan, perubahan-perubahan tersebut merupakan perkembangan dinamika politik yang perlu diwaspadai. "Baiknya melihat rangka dinamika tersebut jika punya keinginan untuk membangun koalisi besar," ungkap dia.

Oleh sebab itu, partai Golkar, PAN, dan PPP belum bisa dinyatakan mengikat koalisi. Ray juga menambahkan dinamika politik di Indonesia akan terus berkembang.

"Mereka masih dalam rangka saling menjajaki. Sangat mungkin besok atau lusa mereka mencari labuhan-labuhan lain," tutur Ray.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan