Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terlalu Banyak Duduk, Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Terlalu Banyak Duduk, Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Duduk sepanjang hari sangat buruk bagi kesehatan Anda. Meski pandemi Covid-19 telah mereda, masih banyak dari kita yang bekerja dari rumah, mengadopsi gaya hidup yang mungkin bahkan lebih menetap dibandingkan pekerjaan kantor sebelumnya.

Dilansir di laman Mirror, Rabu (18/5/2022), duduk sepanjang hari bisa menyebabkan kaki dan glutes lemah. Dengan duduk sepanjang hari, otot-otot tubuh bagian bawah tidak melakukan apa pun untuk menahan anda.

Otot-otot ini kemudian mulai melemah, membuat Anda lebih mungkin terluka. Duduk sepanjang hari juga menumpuk berat badan. Duduk diam sepanjang hari menghambat kemampuan tubuh untuk memproses lemak dan gula.

Satu studi menemukan orang yang menghabiskan lebih banyak waktu duduk dari biasanya bertambah berat badan di sekitar bagian tengah, yang merupakan tempat paling berbahaya untuk menyimpan lemak.

Duduk sepanjang hari juga membuat punggung yang buruk dan pinggul yang kencang. Jika anda duduk sepanjang hari, pinggul dan punggung Anda akan menderita.

Duduk menyebabkan fleksor pinggul Anda memendek dengan posisi duduk menyakiti punggung jika anda memiliki postur tubuh yang buruk. Hal ini menyebabkan kompresi pada cakram di tulang belakang anda.

Dengan duduk sepanjang hari, anda juga berisiko kanker. Meskipun jauh dari terbukti, penelitian baru menunjukkan duduk lama dapat meningkatkan risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker rahim, paru-paru, dan usus besar.

Tak hanya itu, duduk sepanjang hari juga menyebabkan kecemasan dan depresi. Studi menemukan bahwa depresi dan kecemasan cenderung lebih tinggi pada orang yang paling banyak duduk. Hal ini diduga karena kurangnya gerakan yang dapat dikurangi dengan olahraga teratur setelah bebas dari pekerjaan rumah.

Mempertimbangkan semua hal di atas, jelas betapa pentingnya mencapai keseimbangan yang tepat antara duduk dan berdiri ketika Anda harus berada di tempat kerja selama delapan jam setiap kali.

Duduk sepanjang hari sangat buruk bagi Anda, seperti halnya berdiri. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah mencari jalan tengah, membiarkan lebih banyak istirahat tanpa merasa bersalah karena malas atau tidak cukup berolahraga.

Pada akhirnya, para ahli sepakat bahwa berdiri di tempat kerja umumnya lebih baik dibandingkan duduk. Namun anda perlu memantau seberapa banyak Anda berdiri sepanjang hari.

Menggunakan meja duduk-berdiri di tempat kerja dapat membantu meredakan nyeri punggung dan leher, mengurangi lonjakan gula darah, dan meningkatkan sirkulasi darah. Meja berdiri atau konverter meja berdiri, umumnya merupakan ide yang bagus, tetapi penting untuk memecahnya dengan periode duduk, seperti saat istirahat makan siang, atau mungkin selama satu atau dua jam pada siang hari.

Saat orang merasa tidak nyaman bekerja di meja berdiri, sering kali karena tubuh mereka tidak terbiasa menggunakan otot inti mereka untuk waktu yang lama. Inilah sebabnya mengapa yang terbaik adalah bergantian antara duduk dan berdiri sampai Anda dapat menyesuaikan diri dengan berdiri tanpa membebani tubuh.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan