Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Kembali Buka Keran Ekspor CPO, PKS Sebut Pemerintah Tidak Tegas

Jokowi Kembali Buka Keran Ekspor CPO, PKS Sebut Pemerintah Tidak Tegas Kredit Foto: Antara/Budi Candra Setya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, menanggapi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali membuka izin ekspor CPO (minyak sawit mentah) dan turunannya, yang berlaku mulai Senin (23/5/2022). Mulyanto merasa tidak terkejut dengan pembatalan aturan sebelumnya, meski baru berjalan tiga minggu dan belum hasilkan dampak yang berarti.

"Dari kasus ini masyarakat semakin paham, betapa lobi-lobi pengusaha migor ini sangat kuat. Jadi wajar kalau dikatakan, bahwa dalam adu kuat kebijakan ini, Pemerintah takluk terhadap mafia migor," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima. "Kebijakan yang mencla-mencle seperti ini kan sudah sering diambil Pemerintah. Sehingga tidak heran kalau penilaian masyarakat akan semakin negatif dengan kinerja Presiden ini."

Baca Juga: Jokowi: Ekspor Minyak Goreng di Buka Senin 23 Mei Mendatang!

Mulyanto juga menyebut, dirinya sedari awal sudah tidak yakin Presiden mampu pertahankan kebijakan ekspor CPO dan turunannya tersebut. Sebab menurutnya, aturan itu diambil tanpa hitung-hitungan yang jelas dan jauh dari pendekatan research based policy.

"Terkesan gagah dan berani menghadapi mafia namun ujung-unjungnya “cle” mengkerut, menjilat ludah sendiri," sindir Wakil Ketua FPKS DPR RI ini. "Padahal setiap kebijakan mestilah ada sisi trade-off-nya, dalam kasus migor adalah antara sisi produsen—petani sawit—konsumen.  Seharusnya ada mitigasi resiko dan pemberian insentif bagi yang terdampak," tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Cabut Aturan Larangan Ekspor CPO, Legislator PDIP: Memang Sudah Saatnya

Sampai Kamis (19/5/2022) pukul 18.00 WIB data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional menunjukkan bahwa harga migor curah masih bertengger di angka RP. 19.100 per kg.  Masih jauh di atas HET yang sebesar Rp. 15.500 per kg.  Janjinya kebijakan akan dievaluasi kalau harga migor curah sudah sesuai dengan HET di seluruh wilayah Indonesia.

Jokowi Bolehkan Kembali Ekspor CPO

Sebelumnya Presiden Jokowi telah umumkan pembukaan kembali larangan ekspor CPO beserta turunannya. Dijelaskan Jokowi, kebijakan ini diputuskan karena  pasokan minyak goreng terus bertambah di lapangan. Dan juga telah terjadi penurunan harga minyak goreng rata-rata nasional.

"Berdasarkan kondisi pasokan dan harga migor saat ini, serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit petani dan pekerja dan tenaga pendukung lainnya maka saya memutuskan ekspor migor akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022 ," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Kamis (19/5/2022).

Penulis: Adrial Akbar
Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan